Olahraga

Kompetisi sepak bola Indonesia kembali berubah nama Liga

Waketum PSSI Ratu Tisha Destria (ketiga kanan) berpose bersama sejumlah petinggi klub Liga 1 dan Liga 2, usai Sarasehan Sepak Bola di Surabaya, Sabtu (4/3/2023). (ANTARA/Naufal Ammar Imaduddin)

Surabaya, Mercinews.com – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengumumkan perubahan nama kompetisi untuk musim depan setelah mendapat kesepakatan dari klub-klub dalam “Sarasehan Sepak Bola” di Surabaya, Sabtu.

Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria, saat konferensi pers seusai kegiatan, Sabtu (4/3/2023). seperti dilansir Antara, mengatakan Liga 1 akan berubah menjadi Liga Indonesia sedangkan Liga 2 diubah jadi Liga Nusantara.

“Kedua-duanya akan memperebutkan Piala Presiden, dan perubahan itu akan segera kita deklarasikan dengan detail dan format apa yang akan dibuat,” katanya.

Menurut penyandang gelar Master of Art dari program FIFA Master di International Centre for Sports Studies tersebut, detail beserta regulasinya akan dibahas lebih mendetail oleh tim kerjanya.

“Seperti apa isinya Liga Indonesia dan seperti apa isinya Liga Nusantara dengan pendetailan tersebut, itu yang akan kita gaungkan,” ujarnya.

Baca Juga:  MU juara Carabao Cup usai mengalahkan Newcastle 2-0

Sebelumnya, wanita Indonesia pertama yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PSSI tersebut juga memaparkan hasil kesepakatan Sarasehan Sepak Bola antar klub liga Indonesia, salah satunya terkait kepastian jadwal pertandingan dan perizinan yang terpusat untuk musim depan.

“Hasil kesepakatan ini adalah memberikan slot waktu yang eksklusif untuk Liga 1 dan Liga 2, Jadwal Liga 1 akan dimulai pada Juli 2023 dan berakhir pada April 2024, sedangkan Liga 2 dimulai pada November 2023 dan berakhir Juni 2024. Terkait perizinan pertandingan akan dipusatkan menjadi satu,” ujarnya saat konferensi pers usai kegiatan, Sabtu.

Hal tersebut, lanjutnya, diharapkan menjadi strategi untuk meningkatkan nilai komersil dari penyelenggaraan pertandingan Liga Indonesia, baik Liga 1 maupun Liga 2.

“Akan ada slot eksklusif untuk Liga 1 bermain sendiri, kemudian akan ada yang bermain bersamaan dan ada juga slot eksklusif Liga 2 bermain sendiri juga,” ucapnya.

Baca Juga:  Hokky Minta Maaf usai Komentar Pedas di Medsos, terkait batalnya Piala Dunia U-20

Harapannya, menurut Tisha, bisa menjadikan kualitas kompetisi dan nilai komersial dari liga akan meningkat serta secara tidak langsung akan berdampak positif bagi pembinaan Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

“Termasuk kesejahteraan bagi klub-klub Liga 1 dan Liga 2,” kata alumnus Institut Teknologi Bandung tersebut.” (m/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top