Umum

Keuchik se-Abdya Bakal Beli Kendaraan Yamaha Nmax sumber anggaran dana desa

Yamaha Nmax 155

Blangpidie, Mercinews.com – Para keuchik yang tersebar di 152 desa dalam sembilan kecamatan, Kabupaten Aceh Barta Daya (Abdya) bakal membeli kendaraan baru jenis roda dua dengan merk Yamaha Nmax dari sumber anggaran dana desa masing-masing gampong tahun 2023.

Usulan tersebut disetujui langsung oleh pimpinan daerah itu dalam rapat koordinasi percepatan pelaksanaan pembangunan tahun anggaran 2023 bersama para SKPK, para camat dan keuchik se-Abdya, di aula Bappeda setempat, pada Senin (2/1/2023) lalu.

Kemudian dilanjutkan rapat susulan yang berlangsung di kantor Bupati Abdya pada Senin kemarin (6/3/2023), yang dihadiri oleh Pj Bupati Abdya H Darmansah, Sekda Salman Al Farisi, Kepala Inspektorat drh Amiruddin Adi, Assisten I Mussawir SSos dan Kadis DPMP4 Nur Afni Muliana.

Selain itu juga turut hadir Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Abdya, Venny Kurnia, Kabag Hukum Setdakab Abdya, Koorkab Tenaga Ahli (TA) TPP Abdya HT Jasman dan sejumlah TA serta Pendamping Desa.

Kendaraan baru merk Yamaha yaitu NMAX untuk operasional kedinasan para Keuchik itu yang bertujuan untuk peningkatan penunjang kinerja para aparatur gampong.

Baca Juga:  TNI, PNS dan Santri Peringati Isra Mi'raj di Aceh Tamiang

Ketua Apdesi Abdya, Venny Kurnia membenarkan, jika pihaknya telah mengikuti rapat pembahasan rencana pengadaan kendaraan dinas roda dua tersebut.

“Iya benar, ada rapat di kantor bupati pada Senin lalu dan itu membahas terkait rencana pengadaan kendaraan dinas roda dua bagi Pemerintah Gampong,” kata Venny, Kamis (9/3/2023).

Venny menjelaskan, dalam rapat tersebut membahas secara komprehensif aspek regulasi terkait boleh atau tidak secara aturan melakukan pengadaan kendaraan dinas bagi 152 gampong di Abdya.

“Setelah dikaji secara matang berdasarkan regulasi yang ada dan mendengarkan saran serta pendapat dari peserta yang hadir saat itu, bahwa pemerintah gampong diperbolehkan membeli kendaraan dinas baru dari sumber anggaran ADG,” tuturnya.

Venny menjelaskan, bagi gampong yang anggaran ADG nya minus masih dapat dilakukan pengadaan kendaraan dinas dengan cara memindahkan honorarium/tunjangan Tuha Peut yang sebelumnya dalam Perbup menggunakan ADG digeser ke sumber Dana Desa (DD).

Baca Juga:  Target Kursi Ketua DPRK Abdya, PNA Siapkan Caleg Petarung

Selain itu, biaya operasional Tuha Lapan, insentif Ketua PKK, Ketua Pemuda, Pustakawan Gampong dan insentif bagi lembaga adat masyarakat gampong juga diperbolehkan menggunakan sumber DD.

Menurut Ketua Forum Keuchik Kabupaten Abdya itu, pengadaan honda dinas baru bagi pemerintah gampong sangat diperlukan mengingat intensitas pekerjaan keuchik dan perangkat gampong yang semakin tinggi, apalagi menjelang Pemilu 2024.

“Kami merasa perlu mendapatkan dukungan transportasi untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan secara prima kepada masyarakat tanpa ada alasan satu lain hal,” imbuhnya.

Venny mengungkapkan, jika pengadaan kenderaan dinas baru itu terwujud, maka honda dinas lama merek Vario bisa digunakan oleh Sekdes atau perangkat desa lain, sehingga dengan demikian tidak ada lagi alasan bagi perangkat desa untuk tidak bekerja maksimal.

Venny berharap apa yang sudah disepakati dalam rapat tersebut benar adanya dan jangan terjadi polemik lagi bahwa ada hampong yang tidak bisa mengakomodir pengadaan kendaraan dinas tersebut.

Baca Juga:  Pemkab Abdya mulai salurkan THR Lebaran

“Sebab, jika digeser penganggaran beberapa item tadi diperhitungkan bahwa sudah cukup anggaran untuk pembelian honda dinas baru,” kata Keuchik Gampong Guhang itu.

Karena itu, untuk mewujudkan kendaraan dinas tersebut, Venny minta Pemkab Abdya segera merevisi Perbup tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2023.

Apalagi katanya, dalam musyawarah, Pj Bupati sendiri juga berharap 152 gampong di Aceh Barat Daya dapat melakukan pengadaan kendaraan dinas.

“Pak Bupati juga menegaskan bahwa tidak ada satu desa pun yang tidak bisa melakukan pengadaan honda dinas, asalkan aturannya jelas dan ketersediaan anggaran mencukupi,” ungkapnya.

Saat ditanya kendaraan dinas roda jenis apa yang diwacanakan bakal dibeli melalui anggaran ADG oleh 152 pemerintah gampong di Abdya, Venny menyebut Yamaha Nmax.

“Yamaha Nmax, karena spesfikasi sepeda motornya lebih unggul dari sepeda motor lain, baik dari segi BBM-nya irit dan bagasi juga besar,” sebutnya.

(m/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top