Politik

Karena PPP Tak Lolos ke Parlemen, Caleg asal Aceh Ini Batal ke Senayan

Illiza Sa'aduddin

Banda Aceh, Mercinews.com – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dipastikan terdepak dari jajaran parpol DPR RI. Pasalnya, perolehan suara PPP di Pemilu 2024 tidak mampu melewati ambang batas parlemen 4 persen.

Hal ini berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dibacakan oleh Ketua KPU Hasyim Asyari, Rabu (20/3).

Di mana data rekapitulasi suara di 38 provinsi menunjukkan perolehan suara PPP hanya 5.878.777 suara. Jumlah itu sebanding dengan 3,87 persen suara sah nasional. Adapun suara sah nasional tercatat mencapai 151.796.630 suara.

PPP menjadi satu-satunya partai petahana yang gagal melewati ambang batas parlemen pada Pemilu 2024. Akibatnya, Caleg DPR RI dari PPP yang sebelumnya terpilih dipastikan tak bisa melenggang ke Senayan.

Salah satunya adalah Illiza Sa’aduddin Djamal. Bekas Walikota Banda Aceh ini adalah anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh I.

Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 ini, Illiza kembali maju dari PPP melalui dapil yang sama. Hasil rekapitulasi tingkat provinsi yang digelar KIP Aceh, Illiza berhasil lolos ke DPR RI di posisi kelima.

Dari data KIP Aceh, Illiza berhasil meraup 111.389 suara, sedangkan perolehan suara partai berlambang Kabah di Dapil Aceh I secara keseluruhan sebanyak 137. 835 suara.

Dengan batalnya Illiza Sa’aduddin Djamal melaju ke DPR RI, otomatis caleg peraih suara tertinggi berikutnya yang akan mengisi posisi tersebut.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KIP Aceh, partai peraih suara terbanyak berikutnya adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 119.581 suara. Sementara caleg dari partai ini meraih suara tinggi adalah Gufran sebanyak 46.713 suara, []

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top