Aceh

Jelang Ramadhan Pj Wali Kota Banda Aceh Serahkan BLT Dana Desa untuk Warga Kota Baru

Foto: Pj Wali Kota menyarahkan BLT Dana Desa untuk Warga Kota Baru (Mercinews) Pemko banda aceh

Banda Aceh, Mercinews.com – Menjelang bulan puasa Ramadan 1444 Hijriah, Pemerintah Kota Banda Aceh mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa triwulan pertama (Januari-Maret) 2023 bagi masyarakat kurang mampu.

Selasa, 7 Maret 2023, penyerahan secara simbolis dilakukan Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq kepada tiga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Gampong Kota Baru, Kecamatan Kuta Alam.

Masing-masing keluarga menerima BLT Rp 900 ribu atau Rp 300 ribu/bulan untuk bulan Januari s.d Maret.

Datang langsung ke rumah warganya, pj wali kota turut didampingi oleh Kepala DPMG Banda Aceh M Syaifuddin Ambia, Camat Kuta Alam Ari Januar, Pj Keuchik Kota Baru Mairizal, dan para pedamping desa setempat. Adapun ketiga KPM yang diserahkan tadi atas nama Faridah, Muthya, dan Rohani.

Baca Juga:  Kunjungan Kerja ke Subulussalam, Pj Gubernur Tinjau Kegiatan Penanganan Stunting

Usai penyerahan, Bakri Siddiq mengatakan, di 90 gampong yang tersebar di sembilan kecamatan se-Banda Aceh, BLT dana desa ini akan disalurkan bagi 4.003 KPM, data per tanggal 7 Maret 2023.

“Dalam rangka menyambut bulan puasa ini, kita cairkan sekaligus untuk triwulan pertama,” ujarnya.

Ia pun berharap BLT dana desa tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu.

“Semoga bisa membantu dan meringankan beban warga kita yang membutuhkan dan semoga bisa dengan hati lega menyambut Ramadan,” ujarnya lagi.

Penyaluran BLT ini, kata pj wali kota, juga merupakan tindak lanjut dari arahan pemerintah pusat dalam rangka penanggulangan kemiskinan ekstrem. “Dari tiga KPM yang kita kunjungi hari ini, mereka memang tidak bisa bekerja lagi karena sakit dan lanjut usia.”

Baca Juga:  Temuan penyelewengan dana desa di Aceh Barat capai Rp2,7 miliar

“Seperti kita lihat tadi saudara-saudara kita ini tidak berdaya dan hanya bisa berbaring saja. Jadi memang wajib kita bantu,” ujarnya seraya menginstruksikan DMPG Banda Aceh agar merampungkan BLT dana desa triwulan pertama tahun ini sebelum Ramadan.

Sementara Kepala DPMG Banda Aceh M Syaifuddin Ambia mengatakan, BLT dana desa diperuntukkan bagi masyarakat miskin, khususnya bagi yang tak berpenghasilan lagi karena tidak mampu bekerja.

“Seperti mereka yang menderita sakit kronis menahun dan lansia. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.”

“Untuk Kota Banda Aceh akan kita salurkan sesuai dengan tahapan pencairan dana desa di masing-masing gampong, dengan harapan APBG segera ditetapkan.

Dan sesuai kebijakan dan instruksi Pak Pj Wali Kota, insyaallah akan kita rampungkan penyaluran tahap pertama sebelum bulan puasa ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Pasar Murah Kembali Digelar di Banda Aceh

(m/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top