Internasional

Yordania kecam pelanggaran terbaru Israel terhadap Masjid Al-Aqsa di Yerusalem

Seorang pengunjung melintas di depan Dome of Rock (Kubah Batu), kompleks Masjid Al Aqsa, Kota Tua Yerusalem, Minggu (31/5/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad/pras.

Amman, Mercinews.com – Yordania pada Minggu (10/1) mengecam penggalian oleh Israel baru-baru ini di dekat Buraq Wall, yang dikenal sebagai Tembok Ratapan di Israel, sebagai pelanggaran terbaru terhadap Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem.

Tembok tersebut merupakan bagian dari kompleks Masjid Al-Aqsa, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Yordania, Daifallah Fayez.

Baca juga:  Hizbullah Bantah Iran Akan Serang Israel dari wilayah Lebanon

Ia juga menegaskan bahwa Yordania menolak semua tindakan sepihak Israel di Yerusalem Timur yang diduduki, Kota Tua dan Masjid Al-Aqsa.

Sederet provokasi ini merupakan pelanggaran hukum internasional, katanya.

Menurut Fayez, tugas pengelolaan dan pemeliharaan di kompleks Masjid Al-Aqsa, termasuk tembok dan pintu gerbangnya, diawasi oleh Wakaf Islam Yerusalem, yang dijalankan oleh Jordania, berdasarkan hukum internasional dan status quo hukum dan sejarah.

Baca juga:  Indonesia akan Hadiri Pertemuan Darurat OKI Bahas Rencana Aneksasi Israel

Juru bicara Yordania itu mendesak Israel agar menghentikan pelanggaran serta provokasi mereka dan menghormati status quo hukum dan sejarah Kota Tua tersebut.

Sumber: Xinhua

Comments