Travel

Wisatawan antusias saksikan pawai budaya Sabang Marine Festival

Pawai budaya mengawali rangkaian pembukaan event Sabang Marine Festival (SMF) 2023./(Mercinews)

Sabang, Mercinews.com – Ribuan wisatawan dari berbagai daerah dan warga Kota Sabang antusias menyaksikan pawai dan atraksi budaya dalam rangkaian pembukaan Sabang Marine Festival 2023, pada Jumat (17/3/2023)

Pawai budaya dimulai dari depan kantor Wali kota Sabang hingga berakhir di Menara Merah Putih.

Masyarakat tumpah ruah melihat penampilan yang melibatkan 425 peserta tersebut.

Salah seorang warga Sabang, Iki menyambut baik event bahari terbesar di Aceh yang digelar tahun ini. Menurutnya, SMF 2023 juga dapat mendongkrak ekonomi masyarakat khususnya UMKM Sabang.

“Sangat senang, karena antusias masyarakat Sabang begitu ada acara ramai, kemudian bisa meningkatkan ekonomi UMKM masyarakat Sabang,” kata Iki.

Iki menuturkan, adanya event SMF 2023 di Pulau Weh, maka bakal meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sabang, sehingga pertumbuhan ekonomi Sabang meningkat.

Baca Juga:  Pantai Lama Muda, Pantai Pemandangan Eksotis yang Masih Jarang Dikunjungi

“Jadi acara Sabang Marine Festival ini memang luar biasa bagus, terus banyak manfaatnya juga. Kayaknya masyarakat Sabang memang butuh hiburan yang seperti ini. Apalagi dua tahun yang lalu kita juga belum ada event apa-apa disini,” katanya.

Iki melihat, antusiasme masyarakat Sabang sangat terlihat dari kegiatan ini. Apalagi dua tahun yang lagi tidak ada event yang digelar karena adanya pandemi COVID-19.

Hal senada juga disampaikan Farah, warga Sabang lainnya mengungkapkan bahwa kemeriahan event Sabang Marine Festival kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dimana, kata dia, pada tahun sebelumnya tidak ada pawai dan atraksi budaya Aceh hingga pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sabang.

“Kalau tahun-tahun yang tidak ada pameran UMKM lalu juga pawai budaya pun tidak ada. Hanya kapal-kalap Yatch saja, jadi sekarang lebih meriah,” ujar Farah.

Baca Juga:  Kemenparekraf minta Aceh perbanyak kegiatan pariwisata daerah

Farah menyebutkan, dari sekian banyak atraksi budaya yang ditampilkan, yang paling berkesan adanya pawai busana adat hingga penampilan pencak silat yang memukau pengunjung.

“Yang paling saya tunggu itu ya tarian kolosalnya. Sungguh luar biasa acara hari ini, karena sudah lama juga kita nggak ada buat acara di Sabang. Jadi antusias warganya cukup meriah dan menarik,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia berharap, agar ke depannya Sabang Marine Festival dan event-event lainnya tetap ada di Sabang. Hal ini tentu untuk mempromosikan Sabang sebagai salah satu destinasi menarik di Indonesia.

“Supaya para wisatawan tahu tentang Sabang. Kemudian juga terus kembangkan wisata-wisata yang ada di Kota Sabang,” ujarnya.

Untuk diketahui, event bahari terbesar di Aceh, Sabang Marine Festival 2023 digelar 17-19 Maret 2023. Kegiatan tersebut masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca Juga:  Sandiaga Uno: Penonton WSBK Tembus 59.200, Naik 15% Dibanding Tahun Lalu

(m/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top