Afrika

Tentara Libya Tangkap Mantan Sopir Osama bin Laden

Tripoli, Mercinews.com – Sumber militer senior Libya mengatakan pasukan bersenjata Inggris Libya telah menangkap mantan sopir pemimpin kelompok al-Qaeda, Osama bin Laden. Pria bernama Abu Sufian bin Qumu ditangkap pada Sabtu malam dalam serangan di salah satu benteng terakhir kelompok ekstrimis di Derna.

Sumber itu mengatakan bahwa Dia mengatakan bahwa bin Qumu ditangkap setelah kelompoknya kehabisan amunisi sementara mereka menolak keluar dari tempat persembunyian mereka seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (17/6/2018).

Bin Qumu (59) dianggap sebagai salah satu pemimpin paling terkemuka dari al-Qaeda. Ia beremigrasi dari negara itu setelah meninggalkan pekerjaan rutinnya di Libya pada awal 1980-an. Ia tiba di Afghanistan melalui Sudan dan dilatih di kamp-kamp al-Qaeda sebelum menjadi salah satu pemimpin paling menonjol dalam kelompok tersebut. Ia tercatat ikut ambil bagian dalam banyak pertempuran.

Selama masa Osama bin Laden di Sudan, bin Qumu adalah sopir pribadinya dan terkait dengan sebagian besar simbol dan pemimpin organisasi itu sebelum dia ditangkap oleh pasukan Amerika Serikat (AS). Ia dipindahkan ke penjara Guantanamo pada awal dekade terakhir sampai dia diekstradisi ke Libya pada 2007 di mana ia melanjutkan masa tahanannya di penjara Abu Salim.

Baca juga:  Disebut Akan Seperti Libya, Korut: Wapres AS Kurang Ajar
Baca juga:  Militer Mesir Masuk Perbatasan Libya, Siap Perang Lawan Turki

Pada tahun 2011, ia berhasil melarikan diri dari penjara selama jatuhnya Tripoli ke tangan pemberontak, untuk kembali ke kampung halamannya di Derna di mana ia mendirikan kelompok ekstremis Ansar al-Syariah. Tetapi selama tujuh tahun terakhir, ia adalah salah satu tokoh terkemuka dalam bayang-bayang kelompok-kelompok ekstremis di Libya dan tidak menonjol.[]
Sindonews

Comments