Daerah

Spanduk dan Baliho Habib Rizieq Syihab Dicopot Satpol PP Cianjur

Baliho Habib Rizieq Syihab di Cianjur dicopot petugas Satpol PP. (Foto: dok.Satpol PP Cianjur)

Cianjur, Mercinews.com – Belasan baliho dan spanduk Habib Rizieq Syihab di Kabupaten Cianjur dicopot dan ditertibkan Satpol PP. Baliho tersebut melanggar peraturan daerah (perda) lantaran dipasang di tempat yang tidak diperbolehkan.

Kepala Satpol PP Kabupaten Cianjur Hendri Prasetyadi mengatakan baliho Habib Rizieq yang dicopot berlokasi di sejumlah titik, mulai di perkotaan Cianjur, Ciranjang, Cugenang, hingga di Cipanas dan Puncak. Menurutnya, ada belasan spanduk dan baliho Habib Rizieq yang ditertibkan.

“Sekitar 15 baliho yang baru berhasil kami copot dan amankan dari beberapa titik saat agenda penertiban,” ujar Hendri via sambungan telepon, Sabtu (21/11/2020).

Dia menegaskan pemasangan baliho dan spanduk tersebut melanggar Pasal 23 ayat 1 Peraturan Daerah Cainjur Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ketertiban dan Ketenteraman Masyarakat. Pasal 23 itu berbunyi: untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat akan tanggungjawab keindahan lingkungan, setiap orang, badan hukum atau perkumpulan dilarang memasang dan atau menempelkan kain bendera kain bergambar, spanduk dan atau sejenisnya di sepanjang jalan, rabu-rabu lalulintas, tiang penerangan jalan pohon, bangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Baca juga:  Habib Rizieq Singgung Partai Islam Berkhianat, Ini Kata PKS

“Berdasarkan aturan tersebut, kami tertibkan baliho dan spanduk yang melanggar aturan karena dipasang di tempat yang dilarang,” ucapnya.

 

Hendri mengatakan penertiban akan terus dilakukan hingga seluruh spanduk dan baliho Habib Rizieq yang melanggar aturan ditertibkan. Menurutnya, dalam penertiban tersebut, pihaknya didampingi anggota dari Polres dan Kodim 0608 Cianjur.

“Kemarin sempat terhenti karena hujan. Kami akan lanjutkan menertibkan sisanya besok atau lusa. Kami juga didampingi polisi dan TNI,” ujar Handri.

Baca juga:  PDIP Heran JK Bicara soal 'Kekosongan Kepemimpinan' saat Bahas Habib Rizieq

Ia menegaskan penertiban ini tidak hanya berfokus pada baliho dan spanduk Habib Rizieq saja, tetapi iklan produk atau paslon bupati yang dipasang di tempat yang tidak seharusnya. “Ada juga baliho dan spanduk dari iklan produk hingga milik paslon yang kami tertibkan. Pokoknya yang melanggar aturan akan kami tindak,” tutur Handri.

Sementara itu, Ketua FPI Cianjur Habib Hud Alaydrus belum berkomentar terkait penertiban baliho dan spanduk Habib Rizieq. detikcom sudah berusaha menghubungi dan mengirim pesan, tetapi belum ada jawaban.

[]

Sumber: detikcom

Comments