Daerah

Sosok Pengusaha Tajir Aceh yang Sumbang Rp 2 T untuk Penanganan Covid

Keluarga pengusaha asal Aceh, Akidi Tio, memberi dana hibah Rp 2 triliun untuk penanganan COVID-19 di Sumsel. (dok Istimewa)

Palembang, Mercinews.com – Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Eko Indra Heri menerima bantuan dana Rp 2 triliun untuk penanggulangan COVID-19 dari keluarga pengusaha Akidi Tio. Siapa sebenarnya Akidi Tio?

“Untuk mengingat akan sejarah. Saya kenal almarhum Akidi ini dari anaknya Ahok, yang jualan limun di Aceh Timur,” ucap Eko Indra kepada wartawan pada Senin (26/7/2021).

Eko mengaku mengenal keluarga Akidi Tio saat dirinya bertugas di Aceh Timur. Saat itu Eko menjabat Kasat Reskrim Polres Aceh Timur.

“Kebetulan saya Kasat Serse (Kasat Reskrim) di sana. Kemudian saya pindah tugas di Palembang,” katanya.

Setelah berdinas di Palembang, mantan Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM) tersebut bertemu kembali dengan Akidi. Sayangnya, Eko mendapat kabar Akidi telah wafat setelah lama tidak berkomunikasi.

“Saya bertemu dengan almarhum Pak Akidi di Jalan Veteran (Palembang). Beberapa kali saya lewat rumah lama, ternyata beliau telah meninggal di Medan,” katanya.

Lewat dokter keluarga Akidi, Eko mendapat kabar keluarga pengusaha yang dia kenal itu akan menyerahkan bantuan Rp 2 triliun. Bantuan diberikan secara simbolis hari ini dan disaksikan Gubernur Herman Deru serta Danrem Garuda Dempo Brigjen TNI Agus.

Baca juga:  Pleno KPU Empat Lawang Sumatera Selatan Ricuh, Polisi Tembakkan Gas Air Mata

“Amanah dari almarhum Pak Akidi ini harus kita wujudkan karena ini pesan lewat anak dan cucu-cucunya,” kata Kapolda.

Bantuan itu diberikan untuk penanganan COVID-19 di Palembang dan Sumsel. Eko memastikan bantuan keluarga Akidi akan disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

Eko Indra mengaku sempat terkejut saat menerima kabar tersebut. Eko mengaku tak menyangka mendapat bantuan sebanyak itu.

“Lewat keluarga besar almarhum, ketika saya dihubungi agak kaget. Sebab, uang diberikan langsung pada kita,” ungkap Eko.

“Jumlahnya saya kira sampai kapan pun tidak bisa melihat uang sebesar itu. Tapi karena ini amanah, saya terima bersama pak Gubernur, Danrem, tentu amanah ini bisa sama-sama kita jalankan,” tambah dia.

Eko menilai bantuan yang diberikan itu adalah bentuk semangat gotong royong. “Ini dijembatani Pak Hardi, ini adalah semangat gotong royong. Tentunya masih banyak orang Sumsel yang sukses di luar Sumsel untuk ikut membantu,” tutur Eko.

Sebelumnya Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Eko Indra Heri menerima dana hibah dari keluarga pengusaha asal Aceh senilai Rp 2 triliun. Dana hibah itu diberikan untuk membantu penanganan COVID-19.

Baca juga:  Kronologi Calon Pendeta di OKI Sumsel Diperkosa dan Dibunuh

Pemberian dana hibah triliunan disaksikan Gubernur Sumsel Herman Deru dan Dandrem Garuda Dempo (Gapo) Brigjen TNI Jauhari Agus. Pemberinya merupakan keluarga pengusaha asal Aceh, almarhum Akidi Tio.

Penyerahan dana diserahkan keluarga Tio kepada Kapolda Sumsel Irjen Eko untuk penanggulangan COVID-19. Terutama kepada warga yang terdampak PPKM, yang saat ini tengah diberlakukan.

“Dana tersebut diberikan salah seorang keluarga yang saya kenal sewaktu masih tugas di Aceh. Dan sekarang dia ingin membantu warga Sumsel yang terdampak COVID-19,” kata Irjen Eko Indra, Senin (26/7/2021).

Mantan asisten SDM Kapolri itu mengatakan bantuan yang diterima merupakan amanah yang cukup berat. Untuk itu, Eko menegaskan dana tersebut akan dikomunikasikan dengan semua pihak agar cepat disalurkan kepada masyarakat yang tepat.

“Kita akan berikan kepada warga yang berhak menerimanya,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Hernan Deru turut mengapresiasi bantuan yang diberikan keluarga almarhum Akidi Tio.

“Sumsel dapat bantuan COVID-19. Dananya sekitar Rp 2 triliun,” kata Deru usai penyerahan dana hibah COVID-19 di Polda Sumsel.

[]

Sember: detikcom

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *