Eropa

Seorang Dokter Muda Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19 Meninggal Dunia

Seorang Dokter Muda Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19 Meninggal Dunia

Mercinews.com – Seorang relawan di Brasil yang berpartisipasi dalam uji klinis vaksin Covid-19 buatan Universitas Oxford, Inggris, dan AstraZeneca, meninggal dunia. Ini merupakan kasus kematian pertama di dunia terkait uji coba vaksin virus corona.

Meski demikian hasil penyelidikan independen terkait kasus kematian itu menyebutkan, tidak ada masalah keamanan dalam pengujian vaksin Oxford-AstraZeneca sehingga uji coba tetap akan dilanjutkan. Sang dokter diketahui juga menerima plasebo.

Laporan media lokal Brasil menyebutkan, relawan yang meninggal merupakan dokter berusia 28 tahun yang bekerja di garis depan menangani pasien Covid-19.

Dia merupakan dokter muda yang merawat pasien Covid-19 sejak Maret di unit gawat darurat dan ICU dua rumah sakit Kota Rio de Janeiro. Pria itu lulus sekolah kedokteran tahun lalu dan dalam kondisi sehat sebelum tertular virus corona.

Baca juga:  Jokowi: Vaksin Corona Diberi ke Seluruh Masyarakat Januari 2021

“Setelah penyelidikan yang cermat atas kasus di Brasil ini, tidak ada kekhawatiran tentang keamanan uji klinis. Tinjauan independen, selain regulator Brasil, merekomendasikan agar uji coba tersebut dilanjutkan,” demikian pernyataan Oxford, seperti dilaporkan kembali AFP, Kamis (22/10/2020).

Sementara itu AstraZeneca menyatakan tidak dapat memberikan rincian mengenai kematian sukarelawan tersebut karena faktor kerahasiaan medis. Mereka hanya memastikan tidak ada kekhawatiran tentang keamanan vaksin sehingga uji coba bisa dilanjutkan.

Regulator kesehatan Brasil, Anvisa, sudah diberitahu mengenai kasus tersebut pada 19 Oktober.

Oxford dan AstraZeneca pada September sempat menangguhkan uji coba vaksin ketika seorang relawan di Inggris mengalami sakit yang tidak dapat dijelaskan.

Baca juga:  Awalnya Ngotot, Kini Bill Gates Ragu Keampuhan Vaksin Virus Corona

Uji coba dilanjutkan setelah regulator Inggris dan tim penyelidik independen menyimpulkan penyakit itu bukan efek samping dari vaksin. Setengah dari relawan dalam uji klinis tahap akhir itu juga mendapatkan plasebo.

Sejauh ini, sekitar 8.000 sukarelawan telah divaksinasi Covid-19 di Brasil dari total 20.000 di seluruh dunia.

Peserta uji coba di Brasil harus dokter, perawat, atau pekerja sektor kesehatan lain yang berhubungan dengan penanganan virus corona.

[]

Comments