Aceh

Samapta Periodik Program Rutin Untuk Mengukur Stamina Prajurit TNI AD

Blangpidie (Mercinews.com) – Personil Kodim 0110/Abdya mulai dari Perwira, Bintara dan Tamtama ikuti Samapta Periodik kedua TA 2020, latihan ini dilaksanakan bertempat Lapangan Kompi Senapa C Yonif Raider khusus 115/Macan Leuser  Desa Rambong Kecamatan Setia, Selasa (24 /11/) pagi.

Kegiatan samapta Priodik II tersebut juga turut dipantau oleh Tim dari Jasdam IM yang dipimpin oleh Kapten Kav DT Febriansyah dan dilaksankan selama 3 hari mulai pada tanggal 24 s/d 26 November 2020.

Samapta berbeda dengan tahun lalu,
karena situasi saat ini seng Pandemi Covid 19. Dalam pelaksanaannya seluruh anggota di wajibkan mengikuti protokol kesehatan, yaitu mengikuti pemeriksaan suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun yang telah disediakan dan jaga jarak.

Baca juga:  Pengusaha Muda di Jakarta Asal Abdya Santuni Ratusan Anak Yatim

Selanjutnya dilakukan tahapan Kesamaptaan Jasmani yang meliputi pengisian belangko ceklis pemeriksaan tensi darah oleh Tim Kesehatan dari Polkes dilakukan peregangan dan pemanasan untuk menghindari cidera saat pelaksanaan Samapta.

Kesamaptaan jasmani yang dilakukan meliputi Samapta A yaitu lari 3200 M dan Samapta B yang meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, Lunges serta Shuttle Run (Lari angka delapan). Pada pelaksanaan lari 3200 M peserta diperbolehkan membuka masker sesuai dengan petunjuk pelatih jasmani.

Komandan Kodim (Dandim) 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo menyampaikan,  kepada seluruh anggota agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan penuh semangat dan betul-betul dilaksanakan, dengan tidak mengabaikan faktor keamanan.

” Jangan abaikan faktor keamanan, bila mengalami pusing atau dada sesak jangan dipaksakan, dan segera menepi. Jangan malu atau gengsi dengan teman, sehingga kita paksakan dan dapat merugikan diri sendiri. Sesuaikan dengan kemampuan diri masing-masing,” katanya.

Selain itu pelaksanaan Samapta ini merupakan program rutin dari Komando atas dengan tujuan membina dan mengukur stamina prajurit TNI AD.

Baca juga:  68 prajurit Kodam Iskandar Muda ditugaskan ke Papua

Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama 3 hari, karena ada anggota lain yang melaksanakan dinas dalam, sehingga dibuat dua hari agar semua dapat melaksanakan.

” Ini sangat penting dilakukan. Apalagi bagi anggota yang akan melaksanakan tes kenaikan pangkat maupun sebagai kelengkapan adminitrasi mengikuti pendidikan dalam alih golongan, dan dalam menunjang program lainnya, sebagai tolak ukur kemampuan setiap prajurit,” Pungkas Dandim.

[]

 

Comments