Hukum

Ratusan Rokok Luffman Diamankan di Aceh Tamiang Bernilai Rp 5,9 M

Ratusan karton rokok Luffman saat diamankan di kantor Bea Cukai Langsa. Foto : Untuk AJNN

Aceh Tamiang, Mercinews.com – Tim gabungan terdiri dari personil Sat Reskrim Polres Aceh Tamiang dan Bea Cukai Kanwil Provinsi Aceh menangkap satu unit truk colt pengangkut rokok jenis luffman di jalan Medan-Banda Aceh, tepatnya di Semadam, Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang, Minggu (11/4/2021).

Kapolres Aceh Tamiang AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kasat Reskrim AKP Agus Riwayanto Diputra yang dikonfirmasi Ajnn mengatakan, total rokok luffman yang diamankan sebanyak 300 kotak atau 600 tim.

Baca juga:  Kericuhan PA di Aceh Tamiang Karena Tak Terima Kebijakan Mualem

Dikatakan Agus, penangkapan rokok tanpa pita cukai itu dilakukan pihaknya dan petugas Bea Cukai atas informasi dari masyarakat yang menyebutkan ada truk bermuatan rokok ilegal akan melintas di Aceh Tamiang.

Atas informasi tersebut, kata dia, pihaknya bekerjasama dengan petugas Bea Cukai melakukan penyelidikan. Hasilnya, truk bermuatan rokok tersebut diamankan.

“Selain rokok, dari truk tersebut ikut kita amankan satu sopir dan dua orang penumpang. Mereka masing-masing berinisial H, R dan Y (perempuan), semuanya warga Jambi,” kata Agus.

Baca juga:  Dilarang Kafe Karaoke di Aceh Tamiang, Tapi Makin Menjamur

Menurut Agus, kasus tersebut saat ini telah dilimpahkan ke pihak Bea Cukai Langsa guna diproses hukum lebih lanjut.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Langsa, Iwan Kurniawan menyebutkan 330 karton atau 3.300.000 batang rokok ilegal yang ditangkap di Aceh Tamiang kemarin Minggu 11 April 2021 bernilai sekitar Rp 5.970.000.000.

“Kalau dari sisi kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 3.623.000.000,” kata Iwan Kurniawan dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/4/2021).

[]

Sumber: Ajnn.net

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *