Asia Pasifik

Raja Malaysia Terima Pengunduran Diri PM Mahathir Mohamad

Mahathir Mohamad (REUTERS)

Kuala Lumpur, Mercinews.com – Raja Malaysia atau Yang di-Pertuan Agong, Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah, menerima pengunduran diri yang diajukan oleh Perdana Menteri (PM)Mahathir Mohamad. Namun Sultan Abdullah akan melantik Mahathir sebagai PM interim sembari menunggu PM yang baru dilantik.

Seperti dilansir media lokal Free Malaysia Today, Senin (24/2/2020), keputusan Sultan Abdullah itu diumumkan oleh Kepala Sekretaris Pemerintah Malaysia, Mohd Zuki Ali, beberapa saat setelah Mahathir menyelesaikan audiensinya dengan Raja Malaysia itu di Istana Negara, Kuala Lumpur, pada Senin (24/2) sore waktu setempat.

Baca juga:  Kampung Acheh di Malaysia Undang 5 Imam dari Aceh, Menjaga Tradisi Indatu

“Yang di-Pertuan Agong XVI Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah Ibni Almarhum Sultan Haji Ahmad Shah Al-Musta’in Billah telah menerima pengunduran diri Tun Dr Mahathir bin Mohamad sebagai Perdana Menteri Malaysia,” demikian pernyataan Zuki Ali dalam keterangan persnya.

Disebutkan juga oleh Zuki Ali bahwa Sultan Abdullah juga akan melantik Mahathir sebagai PM interim.

“Yang Mulia telah setuju untuk menunjuk Tun Dr Mahathir bin Mohamad sebagai Perdana Menteri interim, sambil menunggu pengangkatan Perdana Menteri yang baru,” imbuh Zuki Ali dalam pernyataannya.

Disebutkan bahwa pelantikan Mahathir sebagai PM interim itu sesuai dengan pasal 43 ayat 2(a) Konstitusi Federal Malaysia.

Baca juga:  Istri Najib Razak Rosmah Mansor Ditangkap KPK Malaysia

“Selama periode ini, dia (Mahathir-red) akan mengelola pemerintahan negara hingga Perdana Menteri yang baru ditunjuk dan kabinet terbentuk,” sebut Zuki Ali.

Belum ada keterangan lebih lanjut soal siapa dan kapan pengganti Mahathir akan ditunjuk.

[m/]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *