Internasional

Presiden Turki pada Armenia: Segera Angkat Kaki dari Nagorno-Karabakh!

Presiden Turki pada Armenia: Segera Angkat Kaki dari Nagorno-Karabakh! Foto/REUTERS

Mercinews.com – Presiden Turki, Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Armenia harus segera menarik diri dari yang dia katakan wilayah Azerbaijan yang diduduki. Erdogan juga mengatakan, sudah waktunya untuk mengakhiri krisis di wilayah yang memisahkan diri setelah kembali terjadi bentrokan antara pasukan Azerbaijan dan Armenia.

Sedikitnya 21 orang tewas pada Senin dalam hari kedua pertempuran sengit di Nagorno-Karabakh, sebuah wilayah di dalam Azerbaijan yang dikelola oleh etnis Armenia. Ankara telah menjanjikan dukungan penuh untuk Azerbaijan dalam konflik tersebut.

Baca juga:  Terkait Tepi Barat, Liga Arab pada AS: Anda Bukan Penentu Hukum Internasional

“Sudah waktunya untuk mengakhiri krisis di kawasan itu, yang dimulai dengan pendudukan Nagorno-Karabakh. Kawasan itu akan kembali melihat perdamaian setelah Armenia segera menarik diri dari tanah Azerbaijan yang didudukinya,” kata Erdogan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (29/9/2020).

Dia lalu mengatakan kelompok Minsk, yang dipimpin oleh Rusia, Prancis dan Amerika Serikat (AS) dan menengahi antara Armenia dan Azerbaijan, telah gagal menyelesaikan masalah tersebut selama hampir 30 tahun.

“Azerbaijan harus menangani sendiri masalahnya, apakah mereka suka atau tidak. Turki akan terus mendukung Azerbaijan dengan semua sumber daya dan hatinya,” ungkap pemimpin Turki tersebut.

Baca juga:  Presiden Turki Erdogan Terima Dua Pemimpin Hamas, AS sangat keberatan

Namun, Erdogan tidak secara langsung membahas apakah Turki saat ini memainkan peran aktif dalam konflik tersebut, seperti yang dikatakan Armenia

[]

Comments