Nasional

Presiden Jokowi resmi tetapkan wabah Covid-19 sebagai bencana nasional

Presiden Joko Widodo resmi menetapkan virus corona (Covid-19) sebagai bencana nasional

Jakarta, Mercinews.com – Presiden Joko Widodo resmi menetapkan virus corona (Covid-19) sebagai bencana nasional. Hal itu ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) nomor 12 tahun 2020 yang ditetapkan hari ini, Senin (13/4).

Covid-19 dianggap sebagai bencana non alam skala nasional. “Menyatakan bencana non alam yang diakibatkan oleh penyebaran Covid-19 sebagai bencana nasional,” tulis keputusan kesatu dalam Keppres tersebut.

Baca juga:  Barisan Purnawirawan TNI-Polri Deklarasi Dukung Jokowi

Keppres tersebut juga menegaskan penanggulangan Covid-19 dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Selain itu, juga melalui sinergi antar Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah.

Jokowi menegaskan keserasian visi dalam penanganan Covid-19 dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Oleh karena itu, Gubernur, Walikota, dan Bupati diminta membuat kebijakan harus memperhatikan kebijakan pemerintah pusat.

Saat ini penambahan pasien Covid-19 semakin tinggi tiap harinya. Sejak tanggal 12 April 2020 kemarin telah ada tambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 316 kasus sehingga total kasus 4.557.

Baca juga:  94 Muslim Rohingya di Aceh Utara telah jalani rapid test cepat Covid-19

Dari angka tersebut terdapat kasus sembuh sebanyak 380 kasus. Sedangkan kasus meninggal dunia sebanyak 399 kasus.

Comments