Nasional

Prabowo-Sandi Kini Reuni di Kabinet Jokowi

Prabowo-Sandi

Jakarta, Mercinews.com – Kabinet Indonesia Maju dirombak Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelang akhir 2020. Total 6 menteri baru dipercaya Jokowi mengemban amanah dan akan dilantik besok pagi. Reshuffle kabinet kali ini bikin Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kembali reuni.

Presiden Jokowi mengumumkan 6 menteri baru di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020). Sandiaga Uno dipercaya Presiden Jokowi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama.

Sandiaga bersama kelima menteri baru Jokowi muncul dengan mengenakan setelan hitam putih berbalut jaket biru. Jokowi mengatakan publik RI sudah mengenal siapa sosok Sandi.

“Saya ingin mengenalkan, tapi kita semua sudah tahu Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, beliau adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua Hipmi, dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ucap Jokowi.

Baca juga:  BPN Klaim Prabowo Bisa Menang 80%, TKN: Halu, Mimpi Kali Yee!

Sandi menyusul Prabowo Subianto yang sudah terlebih dahulu gabung kabinet Jokowi. Prabowo menerima tawaran menjadi Menteri Pertahanan RI seusai Pilpres 2019.

Prabowo-Sandi sejatinya rival Jokowi-Ma’ruf Amin di pemilihan kepala negara 2019. Jokowi-Ma’ruf yang mendapat nomor urut 01, menang melawan capres-cawapres 02 Prabowo-Sandi.

Beberapa menteri baru Jokowi ialah Tri Rismaharini atau Risma sebagai Mensos hingga Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. Risma menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus dugaan korupsi dana bansos Corona, sedangkan Trenggono mengisi posisi Edhy Prabowo yang kena kasus dugaan korupsi terkait ekspor benur.

Salah satu nama yang mengejutkan publik yakni Sandiaga Uno. Sandiaga Uno menjadi menteri baru Jokowi untuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. Selain itu, kejutan lain adalah Ketum GP Ansior Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama RI menggantikan Fachrul Razi.

Baca juga:  Harapan Ultah ke-58 Presiden Jokowi Terus Perbaiki Bangsa

Total ada 6 menteri baru Presiden Jokowi dalam reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju. Berikut ini nama-nama menteri baru Jokowi yang dikenalkan sore ini:

1.Menteri Sosial: Tri Rismaharini
2.Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono
3.Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Uno
4.Menteri Perdagangan: M. Lutfhi
5.Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas
6.Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin

[]

Sumber: detikcom

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *