Asia Pasifik

Politik Malaysia Panas, Anwar Ibrahim akan Jadi PM Baru Malaysia?

Anwar Ibrahim

Kuala Lumpur, Mercinews.com – Politik Malaysia panas. Kali ini Anwar Ibrahim disebut akan menjadi perdana menteri baru Malaysia.

Pemimpin oposisi Malaysia itu menegaskan telah mendapatkan “mayoritas kuat” dari anggota parlemen untuk membentuk pemerintahan baru. Ia bahkan tengah mencari waktu audiensi dengan Raja Malaysia, Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah, untuk meresmikan pengangkatannya sebagai perdana menteri.

Anwar menyebut membutuhkan persetujuan raja untuk menggantikan perdana menteri saat ini Muhyiddin Yassin. Dikatakannya pemerintahan PM Muhyiddin telah jatuh.

Baca juga:  Edi Saputra TKI asal Aceh Utara Meninggal Dunia di Malaysia

“Bukan, empat, lima atau enam (suara parlemen) tetapi mayoritas,” katanya sebagaimana ditulis Malaysia Kini, Rabu (23/9/2020).

“Pemerintahan pimpinan (perdana menteri) Muhyiddin Yassin telah jatuh. Maklumat selanjutnya akan saya dapatkan setelah menghadap Baginda Agung (Raja) dalam masa terdekat. Insya-Allah,” katanya.

Klaim pemimpin oposisi itu muncul kurang dari tujuh bulan setelah Muhyiddin berkuasa. Muhyiddin menjadi PM setelah kekacauan politik yang menyebabkan runtuhnya pemerintahan Mahathir Mohamad.

Saat ini koalisi Perikatan Nasional yang dipimpin PM Muhyiddin memiliki 113 suara dari 222 suara parlemen. Namun Anwar disebut telah mengamAkan 123 kursi.

Baca juga:  Komunitas Wanita Keadilan minta hentikan fitnah sodomi ke Anwar Ibrahim

Anwar, tulis media lokal mendapat suara dari Partai Nasional Melayu Bersatu (UMNO). Muhyiddin sendiri akan memberi pidato khusus soal ini pukul 14.30 waktu setempat.

 

[]

Comments