Politik

PNA Ingin Soal Istri Kedua Nova Gunakan Fasilitas Negara Masuk Materi Interpelasi

Banda Aceh, Meecinews.com – Anggota DPRA Samsul Bahri (Tiyong) mengungkapkan bahwa istri kedua Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Yuyun Arafah menggunakan fasilitas negara.

Hal itu disampaikan Tiyong saat memberikan pandangannya dalam paripurna keputusan penggunaan hak interpelasi DPRA, Kamis malam (10/9/2020).

“Kami dari Fraksi PNA hanya ingin penambahan materi interpelasi yaitu tentang status Nova Iriansyah saat mencalonkan diri pada Pilkada 2017 lalu,” katanya.

“Di mana saat itu dalam daftar riwayat hidup form model BP2 KWK, ada daftar hubungan keluarga yaitu masalah istri,” kata Tiyong disambut gelak tawa seisi paripurna.

Baca juga:  Kunker Anggota DPR Aceh ke Luar Negeri Jelang Akhir Jabatan Dikritik

Tiyong melanjutkan, dalam form disebutkan satu istri bernama Dyiah Erti dan dua orang anak.

“Sebagaimana yang kita ketahui, Plt ini memiliki dua istri. Satu istri lainnya adalah Yunida Arafah atau Yuyun Arafah, yang juga bekerja di Unsyiah,” katanya.

“Kita tidak permasalahkan Plt punya satu, dua atau tiga istri. Tapi ini menyangkut ada fasilitas negara yang digunakan oleh istri kedua, sementara dalam daftar riwayat hidup hanya punya satu istri.”

Menurut Tiyong, jika ada fasilitas negara yang digunakan istri kedua Nova Iriansyah, seharusnya nama tersebut juga terdaftar dalam daftar riwayat hidup saat mencalonkan diri atau mendaftar di KIP Aceh saat Pilkada 2017 lalu.

Baca juga:  Enam TPS di Simeulue lakukan pemungutan suara ulang

“Jika tidak, ini bisa dianggap ada pemalsuan dokumen. Ini menyangkut dengan pembohongan publik. Karena itu perlu masuk ke materi interpelasi. Kita harus mempertanyakan kenapa dia bisa menggunakan fasilitas negara, sementara tidak terdaftar di riwayat hidup Plt,” katanya.

[]

 

Beritakini.co

Comments