Aceh

Plt Gubernur Aceh Setuju Pergub Meugang Bagi Buruh

Plt Gubernur Aceh Setuju Pergub Meugang Bagi Buruh

Banda Aceh, Mercinews.com – Dalam rangka memperingati hari buruh internasional atau Mayday, Aliansi Buruh Aceh (ABA) menggelar aksi di depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Rabu (1/5/2019).

Dalam aksi ini, massa menyampaikan tuntutan tentang kesejahteraan terhadap buruh, salah satunya mengenai tunjungan uang meugang bagi pekerja di Aceh. Massa meminta agar Pemerintah Aceh membuat Peraturan Gubernur (Pergub) mengenai pemberian uang tunjangan hari meugang, sehingga hal itu lebih mudah terealisasi.

Dalam aksi ini, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menemui langsung para buruh yang sedang berunjuk rasa, dan dirinya mendukung penuh tuntutan para pekerja tersebut. Termasuk persoalan uang meugang.

Meugang merupakan salah satu tradisi di Aceh yang dilaksanakan dua hari jelang puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri serta Idul Adha. Masyarakat Aceh saban hari membeli daging untuk disantap bersama keluarga di rumah.

Baca juga:  Hidayat Pulo dan Makmur Budiman Belum Berdamai Terkait Kasus Pengancaman

Dalam orasinya, Ketua Aliansi Buruh Aceh, Syaiful Mar menuturkan, mengenai masalah meugang tersebut, pihaknya sudah menuntutnya sejak tiga tahun lalu. Namun, hingga hari ini Pergub Meugang itu masih menjadi angan-angan atau belum dirumuskan oleh pemerintah.

“Meugang mau tiba, tapi belum ada realisasi tunjangan meugang, ini bisa jadi masalah besar dikalangan buruh,” teriak Syaiful.

Syaiful mengakui, memang ada beberapa perusahaan di Aceh selama ini yang sering memberikan yang namanya uang tunjangan hari meugang bagi buruh. Tetapi, juga masih banyak terdapat perusahaan tidak memberikan tunjangan meugang tersebut.

Karena itu, dirinya berharap dengan diterbitkannya Pergub meugang nantinya maka bisa ada keserasian pemberian tunjangan untuk buruh.

“Jumlahnya tidak perlu banyak, tergantung dari kemampuan perusahaan masing-masing,” ujarnya.

Sejauh ini, kata Syaiful, Qanun Nomor 7 Tahun 2014 yang mengatur tentang tenaga kerja di Aceh juga belum direalisasi dengan baik. Untuk itu mereka meminta Pemerintah Aceh harus serius memperhatikan nasib para pekerja.

Baca juga:  Ini Himbauan Prokes dari Babinsa Koramil 21/Blang Bintang

Dalam kesempatan itu, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah didepan seluruh para buruh yang berunjuk rasa merasa kaget mendengarkan tentang pergub neugang bagi pekerja yang hingga hari ini belum juga tuntas. Padahal, tradisi ini bagian dari budaya masyarakat Aceh yang sudah turun temurun sejak zaman dahulu.

Karena itu, Nova menginstruksikan kepada Dinas Tenaga Kerja Aceh, sebagai leading sektor nya untuk segera menyelesaikan draf rancangan pergub meugang.

“Masalah Pergub saya instruksikan pada Pak Kadisnaker, agar masalah ini dapat segera di rampungkan, secepat mungkin,” tegas Nova.

Setelah berorasi di depan masjid raya, Nova Iriansyah bersama para buruh kemudian ikut melaksanakan konvoi mengelilingi seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar.

Comments