Peristiwa

Pesantren Darul Mahabbah Takal Pasir Aceh Singkil Saban Tahun Dilanda Banjir

Banjir Pesantren Darul Mahabbah, Takal Pasir, Singkil, Aceh Singkil

Aceh Singkil, Mercinews.com – Hujan yang terus-menerus mengguyur Aceh Singkil dan sekitarnya beberapa hari ini, membuat beberapa kawasan di Aceh Singkil mengalami banjir.

Di Kemukiman Pemuka Kecamatan Singkil, rumah-rumah warga mulai terendam. Selain itu, jalan elak, kawasan mitigasi tsunami yang menghubungkan Kecamatan Gunung Meriah menuju Kecamatan Singkil lumpuh total akibat jalan yang terputus.

Lokasi lain yang diterjang banjir termasuk Pesantren Darul Mahabbah, Takal Pasir, Singkil, Aceh Singkil.
Berdasarkan keterangan salah seorang santri, Irwan Syahputra, kepada aceHTrend, Selasa (24/11/2020), banjir yang menggenangi Pesantren Darul Mahabbah, telah berlangsung tiga hari. Namun, proses belajar mengajar sejauh ini tidak terganggu.

Baca juga:  Pemerintah Aceh Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Singkil

“Kegiatan belajar mengajar tetap berjalan seperti biasanya. Meskipun santri harus melewati air yang tingginya mencapai lutut orang dewasa untuk menuju balai atau lokal tempat mengaji. Termasuk menuju dayah saat mau menunaikan salat jemaah,” ucap Irwan.

Irwan menambah, banjir yang sudah menjadi agenda tahunan ini dimanfaatkan santri untuk mencuci pakaian kotor, peralatan makan, dan masak.

Mengingat kawasan pesantren sudah menjadi langganan banjir saban tahun, Irwan berharap agar pihak pemerintah menata sistem drainase kawasan itu termasuk menimbun lokasi pesantren.

Baca juga:  Dana Desa di Kabupaten Aceh Singkil Belum Cair

Selain itu, beberapa desa di Singkil terlihat mulai digenangi banjir, seperti Desa Ujung Bawang, Desa Pea Bumbung, dan desa lain sekitarnya.

Apabila hujan terus turun, banyak warga memastikan Aceh Singkil pengujung tahun ini akan mengalami banjir besar. Apalagi tanda-tanda Sungai Singkil akan meluap karena debit air semakin tinggi, sudah terlihat.[]

Comments