Aceh

Penetapan Keuchik Pasir Putih sebagai Tersangka Bisa Munculkan Konflik Baru

Aceh Timur, Mercinews.com – Direktur Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pusat Analisis Kajian dan Advokasi Rakyat (PAKAR) Aceh, Muhammad Khaidir, menilai penetapan Keuchik Pasir Putih beserta ketua pemuda gampong setempat sebagai tersangka dalam kasus ledakan sumur minyak di Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, akan memunculkan konflik baru di masyarakat.

“Saya takutkan akan ada konflik baru dan gejolak massa untuk memprotes penetapan tersangka itu,” kata Muhammad Khaidir kepada ajnn Selasa (1/5).

Baca juga:  Sopir ngantuk Tronton terperosok keparit di Aceh Timur

Seharusnya, kata Khaidir, polisi tidak perlu terlalu terburu-buru menetapkan tersangka. Pasalnya kegiatan sumur minyak di Aceh Timur sudah sangat lama terjadi. Bahkan masyarakat sudah bergantung hidup dengan keberadaan sumur minyak itu.

“Sumur minyak ini sudah jadi rahasia umum, dan masyarakat sudah mengantungkan hidupnya dengan sumur minyak itu,” ujarnya.

Anehnya, kata Khaidir, kebakaran di sumur minyak tersebut sudah pernah terjadi. Namun saat itu, kepolisian tidak pernah menetapkan tersangka.

“Kenapa sekarang ketika sudah banyak yang meninggal sudah ada tersangka, ini jadi pertanyaan di masyarakat, sayang kalau mereka ditetapkan jadi tersangka,” ujarnya.

Baca juga:  302 orang masih mengungsi hindari keracunan gas milik PT Medco di Aceh Timur

Seharusnya, lanjut Khaidir, polisi bekerja dari dulu untuk menertibkan sumur minyak yang diduga illegal itu, bukan ketika sudah ada korban jiwa.

“Kalau memang sumur minyak itu illegal kenapa tidak ditertibkan dari dulu, kenapa ketika sudah korban baru bergerak dan menetapkan tersangka,” ujarnya.[]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *