Bisnis

Pemkab Aceh Timur siapkan 10 hektare tambak budi daya udang vaname

tambak budi daya udang vaname

Idi, Mercinews.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Timur menyiapkan 10 hektare tambak di 14 kecamatan pesisir untuk dijadikan budi daya udang vaname sekaligus contoh dan model secara nasional.

“Program ini meningkatkan kesejahteraan petani tambak melalui budidaya udang vaname,” kata Bupati Aceh Timur Hasballah HM Thaib dalam rapat percepatan pembangunan shrimp estate bersama OPD di Aula Dekranasda Aceh Timur di Idi, Senin (17/1/2021)

Hasballah HM Thaib yang akrab disapa Rocky itu mengatakan penyiapan lahan tambak karena Aceh Timur akan menjadi daerah model dan percontohan secara nasional untuk budidaya udang vaname secara Nasional.

Baca juga:  Pemkab Aceh Timur Serahkan Bantuan Masa Panik Untuk Korban Kebakaran

“Masyarakat harus bangga karena daerah kita akan menjadi percontohan secara nasional dan nantinya akan mengaktifkan tambak yang selama ini kurang produktif,” kata Rocky.

Sebagai daerah model percontohan secara nasional, kata Bupati Aceh Timur, pihaknya tentu akan fokus budidaya udang vaname secara klaster.

“Dengan dijadikan daerah contoh, nantinya kita harapan akan disusul dengan pengembangan lainnya yang terkait dengan hasil budidaya udang vaname,” katanya.

Baca juga:  Pemkab Aceh Timur Terima Dana Siap Pakai Rp1 Miliar dari Pemerintah Pusat

Kepala Dinas Perikanan Aceh Timur T Syawaluddin mengatakan pengembangan udang vaname melalui program nasional tersebut tentu akan menyerap tenaga kerja, khususnya putra-putra daerah.

“Oleh karenanya, kami akan segera membentuk tim tugas agar program ini segera terlaksana dengan cepat dan tepat di Aceh Timur,” demikian T Syawaluddin.

Comments