Aceh

Pemerintah Aceh: Pemeriksaan swab Virus Corona sudah bisa di Tanah Rencong

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah meresmikan laboratorium real timepolymerase chain reaction (RT-PCR) milik Balitbangkes Kementerian Kesehatan RI di Siron, Aceh Besar, Kamis (16/4/2020). (ANTARA/Khalis)

Banda Aceh, Mercinews.com – Pemerintah Aceh meresmikan laboratorium real time polymerase chain reaction (RT-PCR) milik Balitbangkes Kementerian Kesehatan RI di kawasan Siron, Kabupaten Aceh Besar, untuk pemeriksaan sampel lendir (swab) terkait COVID-19.

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Kamis (16/4/2020). mengatakan Pemerintah Aceh telah melanjutkan langkah selanjutnya dalam hal upaya penanggulangan pandemi COVID-19 di Tanah Rencong.

“Dalam hal launching Balai Litbangkes yang sudah ditingkatkan fungsinya sebagai RT-PCR tempat pengujian sampel swab untuk melihat status seorang suspect virus dalam hal ini COVID-19,” katanya di Aceh Besar.

Baca juga:  Satu warga Aceh Barat meninggal dunia akibat Virus Corona

Ia menjelaskan laboratorium tersebut telah dipersiapkan Pemerintah Aceh sejak beberapa pekan terakhir, mengikuti langkah-langkah persiapan yang sesuai dengan arahan Kemenkes RI.

Kata Nova, yang menjadi kendala laboratorium PCR tersebut sedikit terlambat difungsikan karena cairan reagen atau senyawa kimia untuk menguji sampel swab sulit untuk didapatkan.

“Ini sudah terakreditsi san tersertifikasi layak untuk digunakan. Bahannya yang agak lama, reagen, kemudian kita dapatkan maka sah hari ini dengan launching,” katanya.

Tambah Nova, untuk saat ini laboratorium PCT tersebut memiliki cairan reagen yang digunakan untuk 80 sampel swab. Pada hari peresmian juga terdapat dua sampel swab dari Kabupaten Gayo Lues yang akan diuji, untuk melihat statusnya.

“Sudah disiapkan dua sampel dari Gayo Lues untuk kita lihat statusnya secara final apakah terinfeksi virus atau memang tidak,” katanya.

Baca juga:  Plt Gubernur Boyong 13 SKPA dan Forum CSR ke Desa Tertinggal di Aceh Jaya

“Untuk itu kita bersyukur yang kita lakukan sudah lumayan lengkap, dan kita tidak perlu mengirim sampel swab ke Jakarta lagi, sudah bisa kita lakukan on the spot di Aceh,” katanya.

 

[m/news]

 

Comments