Kesehatan

Pemerintah Aceh Apresiasi Yulis Ratna Sari Pendonor Ginjal untuk Suami

Dyah Erti Idawati dan Yulis Ratna Sari Pendonor Ginjal untuk Suami

Banda Aceh, Mercinews.com – Memperingati Hari Ibu ke-91, Pemerintah Aceh memberi penghargaan kepada Yulis Ratna Sari. Penghargaan diberikan kepada perempuan yang akrab disapa Ratna itu, karena kerelaan telah mendonorkan ginjalnya untuk kesembuhan sang suami tercinta.

Penghargaan berupa pin emas diberikan langsung oleh Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, didampingi Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Dyah Erti Idawati, pada Puncak Peringatan Hari Ibu ke 91 Tahun 2019, di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Kamis, (12/12/2019).

Yulis Ratna Sari, adalah seorang ibu rumah tangga asal Jakarta. Kini, ia dan keluarga menetap di Aceh, karena sang suami bertugas sebagai abdi negara, di Kejaksaan Tinggi Aceh.

Ratna mengaku terharu dan berterimakasih kepada pemerintah dan rakyat Aceh atas apresiasi yang diberikan. Ratna mengatakan, dorongan cinta keluarga dan keinginan untuk melihat anggota keluarganya hidup bahagia, adalah menjadi alasan baginya mengorbankan salah satu organ tubuhnya untuk suami tercinta.

Baca juga:  Paripurna Interpelasi Gagal, Jubir: Seharusnya DPRA Bersikap Wajar

“Saya tidak ingin anak-anak kehilangan momen bersama ayahnya, keutuhan keluarga jauh lebih penting bagi saya. Jika sakit, tentu waktu Bapak sebagai kepala keluarga bersama anak-anak hilang,” ujar Ratna.

Ratna menjelaskan, saat ini sang suami telah membaik dan telah beraktivitas kembali. Dirinya berharap, di momentum Hari Ibu ini, semua orang dapat melakukan pengorbanan sesuai dengan bidang dan kemampuan masing-masing.

Selain penghargaan bagi sosok perempuan, Pemerintah Aceh juga memberikan penghargaan untuk dua kategori lainnya. Yaitu, penghargaan untuk Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) yang melaksanakan perencanaan penganggaran yang responsif gender dan penghargaan untuk gampong percontohan pelaksanaan Forum Ketahanan Keluarga (FKK).

SKPA yang menerima penghargaandi peringatan Hari Ibu ke-91 adalah, Bappeda Aceh, Badan Pengelola Keuangan (BKA) Aceh, Dinas Kesehatan Aceh, Dinas Pangan Aceh, Dinas Sosial Aceh, Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Satpol PP dan WH, DRKA, BPSDM Aceh, Rumah Sakit Ibu dan Anak, RSUDZA, Diskominsa, Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh dan Dinas Koperasi dan UKM.

Baca juga:  Plt Gubernur Aceh Raih Penghargaan Kepala Pemerintah Terbaik dari Kadin Indonesia

Sementara itu, untuk kategori Gampong Forum Ketahanan Keluarga (FKK), penghargaan diberikan untuk Gampong Keude Tambu, Gampong Awe Geutah Paya dan Gampong Paku dari Kabupaten Bireuen. Gampong Geulanggang dan Gampong Teungoh Musa dari Kabupaten Pidie Jaya. Selanjutnya, Gampong Suak Indra Puri, Gampong Ujong Baroh dan Gampong Paya Penaga dari Kabupaten Aceh Barat.

Sekda Aceh mengatakan, peringatan Hari Ibu ke 91 Tahun 2019 itu, harus dimanfaatkan sebagai titik awal untuk mewujudkan gerakan pemberdayaan dan perlindungan perempuan. Sesuai dengan tema utama peringatan Hari Ibu tahun ini, ‘Perempuan Berdaya Indonesia Maju’.

Taqwallah mengajak, kaum perempuan untuk terlibat aktif dalam pembangunan nasional, memperkuat ketahanan ekonomi yang berkualitas, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, maupun untuk revolusi mental dan pembangunan kebudayaan. [m/]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *