Daerah

OPM Tak Akui Deklarasi Pemerintahan Sementara Papua Barat versi Benny Wenda

Foto: dok. Beritasatu

Timika, Mercinews.com – Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB OPM) tak mengakui deklarasi pemerintahan sementara versi Benny Wenda. Pernyataan tersebut malah dinilai sebagai kegagalan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

Juru bicara TPNB OPM, Sebby Sambom menilai, klaim Benny Wenda sebagai presiden sementara Negara Republik Papua Barat merupakan kegagalan. Sebab saat ini yang bersangkutan menetap di luar negeri, bukan di wilayah Papua atau Papua Barat.

Baca juga:  Papua Bakal Merdeka, Bendera Bintang Kejora Berkibar Serentak di Banyak Negara

“TPNPB-OPM juga tidak bisa akui klaim Benny Wenda,” kata Sebby Sambom saat dikonfirmasi di Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (3/12/2020).

Menurut hukum internasional, Benny Wenda telah melakukan deklarasi dan mengumumkan negara serta klaim menyesatkan. Deklarasi pimpinan ULMPWP dinilai tidak mewakili keinginan mereka untuk merdeka dari Indonesia.

Sebelumnya Polisi menganggap pernyataan Benny Wenda mengenai deklarasi Pemerintahan Sementara Papua Barat sebagai propaganda. Situasi di daerah tersebut sampai saat ini masih terpantau kondusif.

Baca juga:  Satu Anggota TNI AD Tewas Terkena Panah Saat Demo di Deiyai Papua

“Ini salah satu bentuk provokasi, bentuk propaganda,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono.

Pihaknya pun kembali mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya warga Papua, tidak terprovokasi dengan pernyataan Benny Wenda.

Apalagi pimpinan kelompok pro Organisasi Papua Merdeka (OPM) ini diumumkan lewat media sosial, Selasa (1/12/2020). Benny Wenda mengklaim dirinya sebagai presiden sementara Negara Republik Papua Barat.

[]

Sumber: inews

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *