Olahraga

Mikel Arteta Positif Virus corona, Liga Inggris mungkin dihentikan sementara

FOTO Mikel Arteta, asisten pelatih Manchester City. * /Fourfourtwo

Jakarta Mercinews.com – Liga Inggris berpeluang dihentikan sementara akhir pekan ini setelah pertandingan Brighton menjamu Arsenal ditunda setelah manajer The Gunners Mikel Arteta yang positif COVID-19.

Lapangan latihan Arsenal Colney Training center ditutup, dan para pemain serta staf akan diisolasi menyusul diumumkannya hasil tes Arteta.

Kurang dari satu jam setelah Arsenal mengungkapkan penyakit Arteta, Brighton mengumumkan bahwa pertandingan mereka melawan Arsenal di Stadion Amex dibatalkan.

“Hal yang utama adalah kesehatan dan kesejahteraan setiap orang, dan dengan dasar itu maka pertandingan Sabtu ditangguhkan,” kata ketua eksekutif Brighton Paul Barber dalam pernyataannya seperti dkutip AFP.

“Kami meminta maaf kepada semua penggemar untuk ketidak nyamanan ini, namun semua orang akan mengerti bahwa kami menghadapi situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tambahnya.

Baca juga:  Nova Resmikan Penggunaan Poliklinik Khusus Pasien Penyakit Menular

“Hal yang pertama dan utama adalah pemikiran kami tertuju kepada Mikel Arteta dan kami mendoakan ia segera pulih.”

Liga Inggris, yang awalnya menegaskan semua pertandingan akhir pekan ini akan tetap dimainkan, merespon dengan mengatakan bahwa mereka akan melakukan pertemuan darurat Jumat untuk mendiskusikan penanganan dampak virus corona terhadap agenda mereka.

Arteta sendiri berkata, “Ini sangat mengecewakan namun saya melakukan tes setelah merasa kurang sehat. Saya akan bekerja sesegera mungkin setelah saya mendapat izin.”

Terdapat 590 kasus virus corona yang telah terkonfirmasi di Britania, dan sejauh ini virus tersebut telah menelan sepuluh korban jiwa.

Perdana Menteri Britania Boris Johnson mengatakan “pemerintah mempertimbangkan permintaan untuk melarang semua acara publik termasuk pertandingan-pertandingan olahraga.”

Baca juga:  Gubernur Anies Resmi Keluarkan Pergub Larang Warga Jakarta Keluar Jabodetabek

Sakitnya Arteta dapat memaksa Liga Inggris membatalkan pertandingan-pertandingan pada akhir pekan ini, dan kemungkinan untuk beberapa waktu mendatang.

Di Italia, negara Eropa dengan dampak virus corona paling parah, Liga Italia telah menangguhkan pertandingan setidaknya sampai 3 April dan bek Juventus Daniele Rugani telah dikarantina.

Badan sepak bola Eropa, UEFA, akan mempertimbangkan apakah pihaknya akan menunda Liga Champions dan Piala Eropa 2020 pada pertemuan pekan depan.

Seluruh pertandingan Liga Prancis akan dimainkan tanpa penonton sampai 15 April.

Di Spanyol, dua pertandingan Liga Spanyol telah dibatalkan, sedangkan di pertandingan-pertandingan Liga Jerman pada akhir pekan ini akan dimainkan tanpa kehadiran penonton.

[m/news]

Comments