Internasional

Menteri Israel Benarkan Pertemuan Netanyahu dan Putra Mahkota Saudi

Benjamin Netanyahu dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman (MBS). Foto/REUTERS

Mercinews.com – Seorang menteri Israel membenarkan kabar pertemuan antara Benjamin Netanyahu dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman (MBS). Netanyahu dilaporkan melakukan pertemuan dengan MBS di Saudi.

Media Israel, Haaretz melaporkan bahwa Netanyahu dan Kepala Mossad Yossi Cohen dilaporkan telah mengunjungi Saudi. Netanyahu dan Cohen datang ke Saudi bukan hanya untuk bertemu dengan MBS, tapi juga dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo.

Kantor Netanyahu dan Kedutaan Besar AS di Yerusalem sejauh ini belum memberikan komentar mengenai hal ini. Namun, Menteri Pendidikan Israel, Yoav Gallant membenarkan pertemuan itu dan menyebutnya sebuah langkah besar.

Baca juga:  Hamas Ancam Akan Hujani Tel Aviv Israel dengan Roket 6 Bulan Berturut-turut

“Fakta bahwa pertemuan itu terjadi dan diumumkan ke publik, bahkan jika sekarang setengah resmi, adalah masalah yang sangat penting,” kata Gallant, seperti dilansir Reuters pada Senin (23/11/2020).

Sebelumnya diwartakan, sebuah pesawat eksekutif yang biasa digunakan Netanyahu lepas landas dari Bandara Ben-Gurion menuju Arab Saudi pada hari Minggu, ketika Pompeo melakukan pertemuan dengan MBS. Pesawat kembali ke Israel hanya dalam beberapa jam.

Baca juga:  Corona di AS Tembus Angka 700.000, Lebih 36 Ribu orang Meninggal

Avi Scharf dari surat kabar Haaretz menerbitkan data pelacakan penerbangan yang menunjukkan bahwa sebuah jet bisnis telah melakukan perjalanan singkat dari Tel Aviv ke Neom, di pantai Laut Merah Arab Saudi, tempat Pangeran MBS dan Pompeo mengadakan pertemuan.

Haaretz melaporkan bahwa sumber di pemerintah menyatakan bahwa Netanyahu dan Cohen berada dalam penerbangan dan bertemu dengan Pompeo serta MBS. Mereka diduga membahas normalisasi atau pun masalah terkait Iran.

[]

 

Sumber: Reuters / Sindonews

Comments