Internasional

Mahmoud Abbas Minta Turki Dukung Rekonsiliasi Internal dan Rencana Pemilu

Mahmoud Abbas Minta Turki Dukung Rekonsiliasi Internal dan Rencana Pemilu
Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Foto/Anadolu

Tepi Barat, Mercinews.com – Presiden Palestina Mahmoud Abbas meminta Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendukung upaya rekonsiliasi Palestina dan rencana untuk pemilu.

Kantor berita Palestina, WAFA, melaporkan bahwa Abbas berbicara melalui telepon dengan Erdogan pada Senin (21/9) dan menjelaskan tentang perkembangan terbaru terkait perundingan yang sedang berlangsung antara Fatah dan Hamas serta faksi-faksi Palestina serta tekanan oleh Amerika Serikat (AS) pada Palestina.

Baca juga:  Indonesia Tolak Perubahan Kebijakan AS Soal Permukiman di Tepi Barat

Selama percakapan itu, Abbas meminta bantuan Turki untuk menggelar pemilu dengan mengirim para pemantau untuk mengawasi proses pemilu.

Awal bulan ini, faksi-faksi Palestina sepakat mengakhiri perpecahan internal dan menyatukan prinsip pemindahan kekuasaan secara damai melalui pemilu yang bebas dan adil, menurut sistem representasi proporsional.

Baca juga:  Layang-layang Api Palestina, Senjata Perusak Pertanian Israel

Abbas juga berterima kasih pada Erdogan untuk kontak yang dia lakukan dengan presiden Serbia dan Kosovo yang mendesak mereka tidak membuka kantor atau kedutaan besar di Yerusalem.

 

Langkah Uni Emirat Arab dan Bahrain menjalin kesepakatan normalisasi dengan Israel membuat Palestina seperti tersudut. Palestina menganggap kesepakatan itu sebagai pengkhianatan terhadap rakyat Palestina.

 

[]

Comments