Aceh

LEMKASPA: Jika Pusat Tidak Penuhi Janji Rakyat Aceh, Solusi Terakhir Referendum

Ketua LEMKASPA Samsul

Banda Aceh, Mercinews.com – Pembahasan Referendum yang gaungkan Muzakir Manaf kian mendapat dukungan dari Rakyat Aceh. Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua LEMKASPA Samsul kepada Acehsatu. Rabu (19/06/2019).

Kepada media, ketua Lembaga Kajian Strategis dan Kebijakan Publik-LEMKASPA Samsul menjelaskan, bahwa persoalan Referendum Aceh tidak bisa diredam begitu saja. Apabila pusat tidak menepati seluruh perjanjian yang pernah disepakatin. “Persoalan Referendum tidak akan pernah padam, apabila butir-butir perjanjian yang tertuang dalam MoU tidak diimplementasi secara menyeluruh oleh pihak Indonesia” Katanya.

Baca juga:  Besok Mahasiswa Gelar Aksi Minta DPR, MPR asal Aceh daftar Referendum ke Mendgari

Apabila hasil kesepatan tidak direalisasi secara mutlak, tuntutan Referendum akan selalu bergema. “Rakyat Aceh sudah muak dengan janji-janji manis dari pusat” tambah dirinya.

Samsul juga menambahkan, terkait ada beberapa kelompok masyarakat yang menolak digelarnya Referendum Aceh tidak perlu sikapi, dan wajar saja dalam setiap sikap pasti ada pro dan kontrak, “Pro-Kontra hal biasa, jangan terlalu disikapi, Rakyat Aceh di seluruh Kabupaten atau Kota pasti mendukung setiap langkah terkait untuk kemajuan Aceh kedepan.

Baca juga:  Aktivis Perempuan Aceh Dukung Referendum

Persoalan Referendum muncul akibat penyelesaian butir-butir perjanjian tidak dipenuhi oleh pusat terhadap Aceh, kata Samsul. “Munculnya wacana Referendum sebagai bentuk sikap kekecewaan terhadap pusat terhadap hasil kesepakatan.

 

Acehsatu

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *