Aceh

Kajari Abdya Dukung Eksekusi Pembagian Eks Hgu PT CA

Blangpidie(Mercinews.com) – Kejaksaan Negeri Aceh Barat Daya siap mensupport dan mendukung Pemerintah setempat dalam hal menindak lanjuti penyelesaian proses eksekusi pembagian lahan ek HGU PT. CA di kawasan Babahrot.

Dukungan itu disampaikan Kejari Abdya Nilawati saat dikonfirmasi sejumlah wartawan Jum’at(8/10) terkait pasca dikeluarkan salinan oleh Mahkamah Agung (MA) melalui websitenya tempo dulu.

Nila menyebutkan, meskipun pihak BPN belum menerima salinan keputusan lengkapnya, Namun dalam UU Petun disebutkan bahwa putusan itu sudah bisa dieksekusi apabila sudah ditayangkan di websitenya. “Untuk itu, pihak BPN sudah bisa melaksanakan keputusan itu,”sebutnya.

Menurutnya, putusan Mahkamah Agung (MA) tentang putusan tolak terhadap gugatan PT.CA yang sudah dipublis melalui websitenya itu sudah sah secara hukum.

Baca juga:  Tim Wasev Mabesad Kunker ke Kodim Abdya

BPN Aceh sambungnya, tidak lagi harus menunggu salinan putusan yang saat ini dijadikan alasan kenapa tidak memberikan titik koordinat lokasi lahan PT.CA untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat yang layak menerima.

“Putusan MA yang dipublis di website mereka itu sudah sah. Semua pihak bisa mengaksesnya. BPN harusnya tidak beralasan menunggu salinan, karena itu resmi dan sudah bisa ditindak lanjuti,” kata Nilawati.

Menurut kajian hukumnya, tidak ada lagi masalah pemerintah setempat untuk membagikan lahan bekas Hak Guna Usaha (HGU) PT.CA di Kecamatan Babahrot kepada masyarakat, sebab tidak melanggar hukum.

Baca juga:  Pemuda Pecinta Ulama di Abdya Meminta MPU Aceh Segera Selesaikan Kisruh Umat

“Belum bisa dibagikan, kabar yang saya dengar karena BPN belum menyerahkan titik koordinatnya, alasannya karena belum menerima salinan putusan lengkap dari MA,”ucapnya.

Diterangkan, selama tidak melawan hukum pihaknya sangat mendukung Forkopimkab pada umumnya dan semua pihak tentu juga harus demikian.

“Ini program kesejahteraan rakyat, jadi sudah patut didukung semua pihak percepatan pembagian lahan ini kepada masyarakat,”tuturnya.

Nilawati menilai, manfaat untuk kesejahteraan masyarakat akan terlihat nyata nantinya. Angka pengangguaran dan kemiskinan sudah pasti dapat ditekan dengan adanya lahan tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *