Otomotif

Gaji Ahok di PT Pertamina, Bisa Beli Mobil Tiap Bulan

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Jakarta, Mercinews.com – Ahok kembali menghiasi jagat maya Twitter, usai PT Pertamina dikabarkan mengalami kerugian Rp11 triliun. Pria yang memiliki nama asli Basuki Tjahaja Purnama itu menjabat sebagai Komisaris Utama di perusahaan pelat merah tersebut.

Berdasarkan penelusuran VIVA Otomotif, Selasa 25 Agustus 2020, Ahok memiliki lima mobil pribadi. Tiga di antaranya berjenis sport utility vehicle, yakni satu unit Toyota Land Cruiser lansiran 2012 dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor Rp500 juta, serta dua unit Jeep Wrangler Rubicon dengan total nilai Rp1,6 miliar.

Mobil Ahok keempat yakni sedan Mercedes-Benz rakitan 2019, yang nilai kembalinya saat ini Rp2,1 miliar. Terakhir, ada multi purpose vehicle Toyota Alphard keluaran 2019 dengan NJKB sebesar Rp900 juta.

Baca juga:  Harga BBM di Aceh Per 1 Juli 2018

Koleksi mobil pria berumur 54 tahun itu cukup mencengangkan, mengingat sebelumnya ia sama sekali tidak memiliki kendaraan pribadi.

Saat menjabat sebagai Bupati Belitung Timur pada 2005 Ahok memiliki dua mobil pribadi, yakni Nissan X-Trail dan Mitsubishi Kuda. Namun, keduanya dijual saat ia terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI pada 2012.

Beberapa waktu lalu, Ahok membuat pengakuan bahwa jika dilihat dari gaji, ia merasa saat ini kondisinya lebih enak. Gaji sebagai Komut Pertamina jauh lebih tinggi dibandingkan saat dirinya menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Kalau gajinya Gubernur kan cuma Rp7 juta lebih sebulan, tunjangan buat makan Rp30 juta. Memang ada mobil, sopir, tapi kan tidak bisa kita dapat. Kalau di Pertamina, kita bisa dapat Rp170 juta,” ujarnya.

Baca juga:  Kementerian BUMN pastikan Ahok akan duduki BUMN strategis

Dengan gaji sebesar itu, Ahok setiap bulan bisa membeli mobil jenis low cost green car, yang banderolnya rata-rata di bawah Rp160 juta. Contohnya, Toyota Calya versi paling murah saat ini dijual Rp144,5 jutaan.

[]

Viva

Comments