Berita

Fakta atau Hoax: China Akan Kirim 250 Juta Tentara Merah ke Indonesia

Tangkapan layar sebuah artikel berita dengan klaim bahwa China akan mengirimkan 250 juta Tentara Merah ke Indonesia. Foto : Cekfakta

Mercinews.com – Sebuah akun Facebook bernama Dew (fb.com/dewiriwayanti.dewiriwayanti) mengunggah gambar ke grup GRESIK-SUMPEK (fb.com/groups/1095274750561736) dengan narasi sebagai berikut ini:

“Ternyata benar kta pk prabowo. Thn 2023 tdk akn ada lagi indonesia.”

Gambar yang diunggah adalah seolah tangkapan layar dari artikel yang berjudul “Pemerintah China akan kirim 250 juta tentara Merah ke Indonesia”

Baca juga:  Pemerintah China Larang Media Lokal Beritakan Film Mulan Produksi Disney

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa ada artikel berjudul “Pemerintah China akan kirim 250 juta tentara Merah ke Indonesia” itu adalah klaim yang salah.

Judul artikel yang di gambar yang diunggah oleh sumber klaim adalah judul suntingan atau editan. Selain itu, tidak ditemukan informasi valid mengenai hal itu.

Artikel dengan foto identik, berjudul “Peringatan Keras Xi Jinping pada Dunia, China Siap Perang!”. Artikel ini dimuat di situs Idtoday[dot]co pada 27 Mei 2020. Artikel ini merupakan salinan dari artikel yang berjudul sama yang tayang di situs Viva.co.id pada hari yang sama.

Baca juga:  Pengamat Asing Mengkritik Soal Penanganan Covid-19 di Indonesia paling lambat

Sumber rujukan:

https://cekfakta.com/focus/4026
https://www.viva.co.id/amp/militer/militer-dunia/1218150-peringatan-keras-xi-jinping-pada-dunia-china-siap-perang

[]

Comments