Aceh

DPRA Usul Kantor Balai Taman Nasional Gunung Leuser Dipindahkan ke Aceh

Balai Taman Nasional Gunung Leuser berpusat di Sumatera Utara

Banda Aceh, Mercinews.com –  Anggota DPR Aceh Buhari Selian kembali mengusulkan agar Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) dipindahkan ke Aceh.

Hal itu disampaikan Buhari dalam rapat paripurna DPR Aceh dengan agenda Penyampaian Rancangan Qanun Usul Inisiatif DPR Aceh oleh Komisi I dan Komisi II DPR Aceh, Jumat 24 Mei 2019.

Anggota DPR Aceh Buhari Selian

Sangat disayangkan, menurut Bukhari, mengingat lebih dari 70 persen kawasan Leuser berada di Aceh, namun Kantor BBTNGL berada di Sumatera Utara.

Baca juga:  Sejumlah TPS di Banda Aceh dan Aceh Besar Pasangan Prabowo-Sandi Menang

“Ini kita minta kepada pemerintah Aceh untuk dikembalikan lagi ke Aceh karena ini menyangkut kewibawaan kita,” ujar Buhari kepada awak media, Kamis 24 Mei 2019.

Buhari menyampaikan, usulan tersebut telah disampaikan beberapa kali kepada pemerintah Aceh. Namun, hingga hari ini masih belum terealisasi.

“Waktu Gubernur Pak Mustafa sudah kita minta agar dipindahkan ke Aceh dulu waktu saya anggota DPRK, termasuk Pak Zaini sudah, Pak Irwandi sudah kita minta,” ujar Buhari.

Menurutnya, dengan dipindahkannya BBTNGL ke Aceh, maka akan banyak tenaga kerja asal Aceh yang terserap.

Baca juga:  Plt Gubernur Lantik Pengurus Karang Taruna Aceh Periode 2018-2023

“Kalaupun kantornya bukan di Aceh Tenggara, di Aceh Besar pokoknya di Aceh,” ujarnya.

Sementara itu Asisten 3 Setda Aceh, Kamaruddin Andalah mengatakan, pemerintah Aceh akan berupaya untuk memindahkan BBTNGL ke Aceh.

“Ini sudah pernah dikomunikasikan beberapa kali pada periode gubernur sebelumnya. Ini sudah pernah dibicarakan tapi belum dibahas sampai tingkat qanun,” ujar Kamarudin.

“Namun, Alhamdulillah periode ini akan kita coba bahas sampai tingkat qanun. Kita atur dalam regulasi daerah karena ini amanah UUPA,” katanya.

Comments