Daerah

Demo Mahasiswa Papua di Surabaya Tuntut Kemerdekaan

Saling dorong antara mahasiswa dan petugas/Foto: Deny Prastyo Utomo

Surabaya, Meecinews.com – Puluhan mahasiswa asal Papua melakukan demo di depan Asrama Mahasiswa Papua, Jalan Kalasan, Pacar Keling, Tambaksari. Mereka meneriakkan Papua Merdeka.

Seperti data yang dihimpun detikcom, puluhan mahasiswa Papua melakukan aksi dengan membawa beberapa tuntutan. Kemudian dalam aksi tersebut, petugas keamanan menangkap 6 mahasiswa yang dianggap sebagai provokator.

Hingga pukul 09.30 WIB, puluhan mahasiswa Papua masih bertahan di depan asrama. Sang orator berkali-kali meneriakkan ‘Papua Merdeka’. Tak hanya itu, mereka juga menuntut agar perusahaan tambang Freeport ditutup.

Baca juga:  Jokowi Terabas Hujan Demi Temui Ribuan Pendukungnya di Ngawi

“Papua Merdeka, Papua Merdeka. Freeport…tutup. Freeport tutup…Papua Merdeka,” teriak salah satu orator, Senin (1/7/2019).

Kemudian mereka juga meminta enam rekan yang ditahan pihak keamanan segera dibebaskan. Mereka mencoba menunjukkan rasa solidaritas untuk sesama warga Papua.

 

“Kalau sampai pukul 09.00 WIB teman kami tidak dibebaskan, secara sukarela kami siap diangkut menggunakan mobil Dalmas untuk menyelamatkan teman kami,” imbuh sang orator.

Akibat aksi tersebut, Jalan Kalasan, Pacar Keling ditutup sementara. Mereka unjuk rasa dengan duduk di jalan dan dijaga ketat petugas polisi dan TNI. Tak hanya itu, mobil water canon juga disiagakan.

Baca juga:  Datangi Asrama Mahasiswa Papua, Rombongan Fadli Zon Ditolak Masuk

 

Sumber: detikcom

 

 

Comments