Asia Pasifik

Darurat virus Corona, Xi Jinping Minta Warga China di luar negeri Balik Kampung

Presiden Xi Jinping

Jakarta, Mercinews.com – Pemerintah China meminta semua warganya yang kini tengah bepergian di luar negeri untuk kembali ke negara itu. Sebagaimana dilansir AFP, Kementerian Luar Negeri China akan menyewa pesawat khusus seiring makin menyebarnya virus corona.

“Terutama untuk warga Hubei (provinsi), khususnya mereka yang berasal dari Wuhan, dan tengah di luar kota,” tegas juru Bicara Kemlu China, Hua Chunying, Jumat (31/1/2020).

Baca juga:  Sikapi Rencana Evakuasi, Pemerintah Aceh Antar Data Mahasiswa ke Kemenlu

Otoritas penerbangan di negeri Presiden Xi Jinping itu juga mengatakan sudah berkoordinasi dengan pemerintah untuk membawa warga pulang. Sebelumnya, China telah meminta masyarakatnya menunda dan membatalkan semua perjalanan ke luar negeri.

Sementara negara lain seperti Inggris, Jerman dan Amerika Serikat (AS) meminta warga untuk tidak bepergian ke negeri Tirai Bambu. Rusia juga menginstruksikan menutup perbatasan dengan China.

Sebelumnya, per Jumat pagi, sebanyak 21 negara sudah mengonfirmasi kasus corona. Khusus di China, episentrum virus ini, corona sudah menginfeksi 9000-an orang dengan jumlah korban tewas mencapai 213 orang.

Baca juga:  Banda Aceh sosialisasikan perwal protokol kesehatan ke pesantren

WHO juga telah mengumumkan corona sebagai darurat global. Ini dilakukan karena penyebarannya yang sangat masif. Sejumlah penyakit yang pernah berstatus sama antara lain Zika dan Ebola. [m/]

Sumber: CNBC Indonesia

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *