Internasional

Cegah Virus Corona, Yordania Tutup Perbatasan dengan Israel dan Palestina

Cegah Virus Corona, Yordania Tutup Perbatasan dengan Israel dan Palestina Foto/Istimewa

Mercinews.com – Yordania dilaporkan telah menutup perbatasan dengan Israel dan Tepi Barat, Palestina untuk mencegah masuknya virus Corona baru, Covid-19. Selain itu, Yordania juga telah melarang pendatang dan wisatawan dari Mesir dan Irak dengan alasan yang sama.

Menteri Kesehatan Yordania, Saad Jaber mengatakan, Amman juga telah melarang warganya untuk melakukan perjalanan ke Lebanon dan Suriah. “Yordania pekan depan akan melarang masuknya wisatawan dari Prancis, Jerman dan Spanyol,” ucapnya.

Baca juga:  Aceh nol rawat pasien positif Corona

Jaber mengatakan, langkah-langkah yang telah disetujui kabinet adalah bagian dari langkah-langkah darurat yang juga termasuk penutupan arus pelayaran dan mengurangi separuh layanan penerbangan dari dan ke Mesir. Yordania, jelasnya, hanya mengizinkan perjalanan ke negara tersebut untuk alasan darurat.

“Langkah-langkah ini untuk meminimalkan kemungkinan masuknya virus dan penyebarannya,” ucapnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Rabu (11/3/2020).

Langkah itu dipastikan akan memengaruhi pergerakan ribuan orang dari wilayah Palestina yang diduduki, yang banyak memiliki ikatan keluarga dengan masyarkat Yordania.

Baca juga:  Ulama Aceh: Tutup warung kopi yang tidak patuhi imbauan cegah Covid-19

Ini juga akan berdampak pada puluhan ribu pekerja Mesir, yang merupakan tenaga kerja asing terbesar di Yordania, menyeberang setiap harinya melalui laut ke Yordania dari wilayah Sinai.

[m/news]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *