Aceh

Cegah Covid-19, Petugas gabungan bubarkan kerumunan warga di Aceh Utara

Petugas gabungan menyisir sejumlah tempat keramaian di antaranya di Lhoksukon, Aceh Utara guna membubarkan kerumunan warga untuk kembali ke rumah masing-masing, Sabtu (28/3) malam. (ANTARA/HO)

Lhoksukon, Mercinews.com – Jajaran Kepolisian Resor Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh bersama petugas gabungan dari TNI, BPBD dan Satpol-PP/WH menyisir sejumlah tempat keramaian di daerah itu dan membubarkan kerumunan warga untuk kembali ke rumah masing-masing, Sabtu malam.

Kapolres Aceh Utara AKBP Tri Hadiyanto melalui Kabag Ops AKP Syukrif I Panigoro mengatakan jika kegiatan yang dilakukan itu merupakan operasi kemanusiaan mengingat makin bertambahnya korban gara-gara Covid-19.

“Dalam rangka kemanusiaan, menyikapi perkembangan penyebaran virus corona atau Covid-19, kami dari kepolisian berupaya untuk melindungi masyarakat serta mengutamakan keselamatan masyarakat dari penyebaran virus corona yang sangat berbahaya ini,’’ tuturnya dalam keterangan tertulis di Lhoksukon, Minggu.

Baca juga:  Hoax Bayi Baru Lahir di Aceh Tenggara Bicara Telur Rebus Obat Covid-19

Untuk itu dilakukan patroli bersama lalu mengimbau masyarakat yang masih tidak mau peduli akan keselamatannya sendiri untuk kembali ke rumah masing-masing, sasaranya adalah tempat keramaian, baik kafe, warung kopi, rumah makan dan tempat lainnya.

Ia mengatakan kegiatan ini dilakukan serentak di jajaran Polsek di seluruh wilayah hukum Polres Aceh Utara, tiap personel yang terlibat akan mengimbau dan memberikan penekanan pada pemilik usaha bahwasanya tidak diperbolehkan untuk mengumpulkan orang banyak di tempatnya.

Ia menambahkan pihaknya melakukan tindakan itu bukan berarti tega menghentikan mencari rezeki, sebaliknya karena sayang dan prihatin terhadap masyarakat.

“Pedagang silahkan berjualan, yang beli silahkan bungkus lalu bawa pulang ke rumah, hal ini sangat diharapkan untuk dipatuhi untuk sementara waktu demi kepentingan kita bersama,” ujar AKP Syukrif.

Baca juga:  MPU Aceh Perbolehkan Ganti Shalat Jum’at dengan Shalat Zuhur di Rumah

Ia menegaskan kegiatan serupa akan terus digencarkan selama tanggap darurat virus corona untuk menindaklanjuti maklumat Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz.

“Kami khawatir apabila masyarakat tidak menjaga jarak dan tetap berkumpul di ke ramaian berpotensi akan menambah jumlah korban yang terjangkit virus,” tandasnya.

[m/news]

Comments