Aceh

Bupati Aceh Besar Imbau Warganya Tidak Menutup Jalan Desa dan Jaga Malam

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali. Foto: Ist/ Ajnn

Aceh Besar, Mercinews.com – Bupati Aceh Besar Mawardi Ali mengimbau warganya tidak menutup akses jalan masuk ke gampong, serta jaga malam dalam rangka mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

“Tidak perlu ditutup jalan-jalan desa, tetap dibuka, masyarakat tidak boleh diintimidasi, masyarakat harus hidup dengan nyaman,” kata Mawardi Ali kepada wartawan, Kamis (2/4).

Mawardi juga mengimbau warganya untuk tidak melakukan kegiatan jaga malam, sehingga membuat fisik melemah, dan dikhawatirkan bisa membuat masyarakat mudah terpapar virus corona tersebut.

Apalagi, kata Mawardi, berdasarkan informasi, beberapa desa di Aceh Besar sudah ada yang membuat kegiatan masak-masak kambing dan ayam, sehingga mengundang keramaian.

Baca juga:  Viral Alat Pelindung Diri Dibuang Ambulans di Jagakarsa Jakarta Selatan

“Desa-desa tidak perlu jaga malam. Saya sudah mendengar beberapa desa sudah ada potong kambing, ayam berkumpul-kumpul dengan jaga malam, buat shift, itu tidak perlu,” ujarnya.

Mawardi mengingatkan, virus corona ini bukan musuh yang bisa terlihat, sehingga tidak perlu dijaga. Tetapi, yang harus dilakukan adalah menjaga diri sendiri, dengan tetap selalu berada di rumah, bukan berkumpul di pos kambling.

“Tetap di rumah, jaga diri sendiri, bukan menjaga di pos kambling, menjaga corona itu datang, bukan seperti itu,” tutur Mawardi.

Mawardi juga menegaskan, ketika ada tamu atau orang yang baru datang ke gampong, maka tidak perlu diusir, tetapi melaporkannya ke pihak kecamatan dan polsek agar kemudian diteruskan ke Puskesmas guna pemeriksaan kesehatan.

Baca juga:  Sebanyak 203 KPM di Aceh Besar mundur dari PKH

“Kalau misalnya ada pendatang baru, silahkan lapor ke Camat, Kapolsek, lalu mereka akan lapor ke Puskesmas, kemudian ditetapkan ODP,” imbuhnya.

Mawardi berharap, semua masyarakat Aceh Besar tetap selalu menjaga kondisi ini sebaik-baiknya, jangan memperparah keadaan sehingga meresahkan semuanya.

“Tetap jaga jarak, mudah-mudahan Aceh Besar bisa mencegah virus corona, dan kita atasi secara bersama-sama,” harap Mawardi.

[m/news]

Comments