Peristiwa

Bocah Bisu di Aceh Utara Dianiaya Ayah Kandung, Bagian Wajah Luka Terbakar

Foto: dok.istimewa

Aceh Utara, Mercinews.com – Seorang anak laki-laki tuna wicara (bisu) berusia empat tahun asal Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara mengalami luka bakar akibat diduga daniaya oleh ayah kandung berinisial R (48).

Korban diduga dianiaya menggunakan bara api dari sisa seikat daun kelapa kering. Hasil visum juga menyebutkan sebelumnya korban sempat disundut rokok oleh ayahnya itu.

Korban berasal dari keluarga miskin, kejadian tersebut dilaporkan langsung oleh neneknya ke Polres Aceh Utara bulan lalu. Namun, pelaku berhasil ditangkap di kawasan Kabupaten Aceh Timur sepekan lalu.

Baca juga:  Dua Karyawan koperasi di Aceh Utara dirampok pria berpistol

“Karena korban dan ibunya tidak bisa bicara, kita panggil ahli bahasa dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Aneuk Nanggroe untuk menerjemahkan keterangan dari korban serta saksi,” ujar Kasat Reskrim Polres Aceh Utara AKP Rustam Nawawi, melalui Kanit PPA Bripka T Ariandi, Selasa (17/11).

Sambungnya, menurut catatan visum et repertum, karena perlakuan ayahnya, korban mengalami sejumlah luka bakar di bagian wajah, leher dan badannya, bahkan korban juga dilaporkan mendapat luka bakar akibat disundut rokok dibagian kakinya.

“Dalam pemeriksaan pelaku mengakui perbuatannya, namun itu dilakukan untuk mengusir nyamuk dan tidak sengaja mengenai tubuh anaknya itu,” ungkapnya.

Baca juga:  Pria di Aceh Utara ini kritis alami kecelakaan saat kabur setelah Curi ternak

Karena, kata Ariandi, saat kejadian posisi korban dan ayahnya sedang berada di dapur, daun kelapa kering yang dipakai itu menyulut api ke kayu bakar di dapur.

“Pelaku dijerat dengan pasal 80 ayat (1) UU RI No 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI No no 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak,” imbuhnya

[]

Comments