Bisnis

BLT Tahap 4 Siap Cair! Ini Prediksi Tanggal Cairnya BLT BPJS Tahap 4

Ilustrasi uang

Jakarta, Mercinews.com – Kabar gembira untuk penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Subsidi Upah. Kini, pemerintah akan kembali memberikan BLT Subsidi Upah tahap 4 yang akan disalurkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Ida Fauziyah selaku Menaker menjelaskan, pihaknya telah menerima 11,8 juta data calon penerima bantuan subsidi gaji upah dari BPJS Ketenagakerjaan. Saat ini, Kemnaker sedang memeriksa ulang dana bantuan BLT tahap 4 subsidi upah untuk segera disalurkan kembali.

Menurut petunjuk teknis Kemnaker memiliki waktu maksimal 4 hari untuk melakukan pemeriksaan ulang atau check list data tahap 4 sebanyak 2,8 juta calon penerima dari BPJS Ketenagkerjaan.

Setelah proses pemeriksaan ulang selesai, lalu Kemnaker menyerahkan kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) untuk dicairkan oleh bank Penyalur yang tergabung dalam Himbara (Himpuan Bank Bank Negara).

“Kami telah menerima data baru dari BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 2,8 juta data calon penerima. Mudah mudahan batch 4 ini sesuai dengan juklaknya dan mulai hari ini sudah dilakukan check list,” ujar Menaker.

Baca juga:  Menteri Sri Mulyani Nilai Wajar Buruh Tolak iuran BPJS Kesehatan Naik

Sebagaimana diketahui, pemerintah menargetkan penyaluran BSU kepada 15.725. 232 pekerja secara bertahap.

BSU diberikan kepada pekerja sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan (total Rp2,4 juta) yang diberikan setiap dua bulan sekali

“Pekerja yang berhak mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU), ialah pekerja yang memenuhi sejumlah persyaratan, seperti bergaji di bawah Rp5 juta dan menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Karena itu pantau terus link aplikasi BPJSTKU kamu atau anda bisa cek di link ini :

https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Sebagaimana kita tahu, tahap 1 Kemnaker menerima 2,5 juta data, tahap 2 menerima 3,5 juta data, dan tahap 3 sebanyak 3 juta data. Saat ini, penyaluran bantuan subsidi gaji/upah dari ketiga tahap sudah berjalan.

Baca juga:  Abusyik Serahkan BLT Kepada Masyarakat di Kecamatan Sakti Pidie

Untuk diketahui, Kemnaker mengaku telah menerima data rekening penerima dari BPJS Ketenegakerjaan tahap 4 sebanyak 2,8 juta pekerja. Sementara untuk tahap keempat, Menaker Ida telah menerima data dari BPJS Ketenagakerjaan untuk 2,8 juta calon penerima pada hari Rabu 16 September.

Pihaknya akan segera melakukan ceklist data tersebut maksimal selama 4 (empat) hari kerja untuk melihat kesesuaian data yang diserahkan BPJS Ketenagakerjaan.

Artinya tahap 4 diprediksi akan dicairkan pada Senin 21 September 2020. Mengapa pada Senin, karena dari yang sudah-sudah jika diprediksi 4 hari dari tanggal 16 September adalah Sabtu tanggal 20 September maka tidak mungkin pencairan dilakukan mengingat saat itu bukan pada jam kerja karena libur akhir pekan.

[]

Comments