Nasional

Black Box Sriwijaya Air Ditemukan, Dua Sinyal jadi Bukti penyebab kecelakaan

Pantauan udara dari pesawat angkut sedang CN-295 dalam misi pencarian korban dan puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di atas perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (10/1/2021 Foto// Kompas

Jakarta, Mercinews.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan pihaknya telah menemukan titik black box pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada Minggu (10/1/2021).

Dia mengatakan bahwa TNI bersama Badan SAR Nasional termasuk stakeholder lainnya berupaya mendapatkan black box pesawat tersebut.

“Teman-teman TNI, Basarnas, termasuk stakeholder terus berupaya untuk mendapatkan black box yang posisinya juga diduga kuat adalah posisi black box yang kita cari,” ujar Panglima TNI saat konferensi pers, Minggu (10/1/2021).

Baca juga:  Jenazah Dinda Amalia, siswi Kelas-IX SMP korban Sriwijaya SJ-182 dimakamkan

Dia menyebutkan temuan tersebut terbukti dari dua sinyal pancaran yang dikeluarkan black box pesawat. TNI AL dan Basarnas terus memantau posisi black box dan telah diberi tanda.

Semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama black box bisa diangkat sebagai bahan KNKT mengungkapkan penyebab kecelakaan,” ujar Panglima.

Ia berharap pengangkatan puing pesawat juga bisa segera dilakukan.

Doakan semoga pengangkatan potongan pesawat di kedalaman 23 meter bisa segera diangkat,” terangnya.

Baca juga:  Foto "HOAKS" Bayi Disebut Selamat dari Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsdya TNI Bagus Puruhito mengatakan pihaknya meyakini sinyal yang terpancar merupakan dua black box yang dicari.

“Kita yakini black box karena dideteksi dari dua alat. Basarnas telah membawa peralatan Basarnas dan KNKT untuk melaksanakan pencarian black box tersebut,” katanya.

[]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *