Kesehatan

Awalnya Ngotot, Kini Bill Gates Ragu Keampuhan Vaksin Virus Corona

Bill Gates

Jakarta, Mercinews.com – Vaksin Virus Corona COVID-19 hingga saat ini masih diteliti oleh para ilmuwan. Meski demikian, miliarder dan pendiri Microsoft Bill Gates mengungkap kemungkinan pandemi Corona tidak akan sempurna atau sepenuhnya manjur. Namun, dalam skala tertentu, hal itu bukanlah masalah besar. Ia pun bicara soal kesuksesan vaksin cacar.

“Vaksin cacar adalah satu-satunya vaksin yang melenyapkan seluruh penyakit itu dari Bumi, tapi memang cukup brutal. Meninggalkan bekas luka. Satu dari tiga mengalami efek samping cukup buruk. Sejumlah orang mengalami reaksi lebih serius,” kata dia, seperti dikutip dari blognya, Gates Notes.?

Gates menjelaskan vaksin cacar dahulu memang jauh dari sempurna, tapi ia yakin bakal berhasil. Sebab, vaksinnya mungkin saja mirip-mirip. Seluruh dunia pastinya menginginkan vaksin yang sempurna, yang aman 100 persen. Namun Bill Gates meragukan hal itu.

Baca juga:  Jokowi: Vaksin Corona Diberi ke Seluruh Masyarakat Januari 2021

Jika kita mendesain vaksin sempurna, kita ingin ia sepenuhnya aman dan 100 persen efektif. Dosis tunggal memberi perlindungan seumur hidup dan harus mudah disimpan dan dikirimkan. Saya harap vaksin COVID-19 punya semua kualitas itu, tapi jika melihat timeline, barangkali tidak,” paparnya.

Hingga kini, vaksin Virus Corona tengah dikebut oleh ilmuwan dunia agar wabah Corona dapat hilang dari muka bumi. Dan ternyata vaksin tak perlu 100 persen manjur untuk misi tersebut.

Saya kira sebuah vaksin yang 70 persen efektif akan cukup untuk menghentikan wabah. Efektifitas 60 persen bisa dipakai tapi kita mungkin masih melihat wabah lokal. Lainnya yang di bawah 60 persen cenderung tidak menciptakan herd immunity untuk menghentikan virus,” sambung pendiri Microsoft ini.

Adapun tantangan lain yakni memastikan vaksin COVID-19 efektif untuk para orang tua. Karena mereka adalah kelompok paling rentan jika positif terinfeksi pandemi.

Baca juga:  Vaksin Anti Covid-19 Buatan Bill Gates Ditolak mentah-mentah oleh Siti Fadilah 

“Makin tua Anda, makin kurang efektif vaksin. Sistem imun Anda, seperti seluruh badan, menua dan lebih lambat mengenali dan menyerang penyusup. Itu adalah isu besar bagi vaksin Virus Corona karena orangtua adalah yang paling rentan. Kita harus pastikan mereka terlindungi,” tulis Bill Gates.

[]

Viva.co.id

Comments