Internasional

Arab Saudi Siap Buka Hubungan dengan Israel

Bendera Arab Saudi

Jakarta, Mercinews.com– Pemerintah Arab Saudi menegaskan kesiapannya untuk menormalisasi hubungan dengan Israel. Hal ini dikatakan langsung oleh Abdallah Al-Mouallimi, perwakilan tetap negara itu untuk PBB.

Dalam sebuah wawancara yang dimuat Arab News, Mouallimi mengatakan bahwa sesungguhnya Riyadh sangat siap dalam membangun hubungan dengan Negeri Yahudi itu. Namun dengan syarat, Israel menghentikan pendudukannya dan mengakui kedaulatan Palestina dengan ibu kota di Yerusalem Timur.

“Posisi resmi dan terbaru Arab Saudi adalah bahwa kami siap untuk menormalkan hubungan dengan Israel, segera setelah Israel menerapkan elemen inisiatif perdamaian Arab Saudi yang dipresentasikan pada tahun 2002,” kata Al-Mouallimi dikutip Rabu (15/12/2021).

Baca juga:  AS Ancam Veto Resolusi Perlindungan Internasional untuk Palestina

Ia bahkan menyebut bila syarat dipenuhi oleh Tel Aviv, dukungan tidak akan hanya muncul dari Arab Saudi. Namun juga dari 57 negara dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

“Waktu tidak berubah benar atau salah. Pendudukan Israel atas wilayah Palestina adalah salah tidak peduli berapa lama itu berlangsung,” tambah diplomat itu.

Bulan lalu, media Israel melaporkan bahwa delegasi dari sekitar 20 pemimpin Yahudi Amerika telah mengunjungi Arab Saudi dan bertemu dengan pejabat senior di sana. Hal ini sempat mengundang tanda tanya mengenai normalisasi hubungan Israel dengan Negeri Raja Salman.

Baca juga:  Jenderal Teheran: 'Segitiga Setan' AS-Israel-Saudi Coba Lemahkan Iran

Israel menduduki Yerusalem Timur selama perang Arab-Israel tahun 1967 dan mencaplok seluruh kota pada tahun 1980. Meski begitu, langkah ini tidak mendapatkan persetujuan luas dari pihak internasional.

[]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *