Internasional

Arab Saudi Dukung Keputusan Trump Mundur dari Kesepakatan Nuklir Iran

Riyadh, Mercinews.com – Arab Saudi menyatakan menyambut keputusan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump untuk menarik AS dari perjanjian nuklir internasional dengan Iran dan menerapkan kembali sanksi ekonomi terhadap Teheran.

Saudi dalam sebuah pernyataan menyatakan, Iran telah memanfaatkan keuntungan yang didapat dari kesepakatan itu untuk menambah kerusakan di kawasan, dengan terus mendukung kelompok-kelompok teroris.

“Iran menggunakan keuntungan ekonomi dari pencabutan sanksi untuk melanjutkan kegiatannya untuk merusak kawasan itu, terutama dengan mengembangkan rudal balistik dan mendukung kelompok-kelompok teroris di wilayah itu,” bunyi pernyataan tersebut, seperti dilansir Reuters pada Rabu (9/5).

Baca juga:  Arab Saudi Gelar Turnamen Game PUBG, Ulama Aceh: Ukuran Kita Bukan Arab

Sebelumnya diwartakan, Trump seperti sudah diprediksi sebelumnya, memutuskan untuk menarik mundur AS dari kesepakatan nuklir antara enam kekuatan dunia, termasuk AS dengan Iran.

“Saya mengumumkan hari ini bahwa AS akan menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran,” kata Trump dalam sebuah pernyataan.

Baca juga:  Arab Saudi Bayar Rp13,6 Triliun untuk Pengerahan Pasukan AS di wilayahnya

Selain AS, negara lain yang meneken kesepakatan tersebut yakni Prancis, Inggris, China, Jerman dan Rusia memutuskan tetap bertahan di kesepakatan itu. Iran sendiri sebelumnya telah menyatakan mereka mungkin akan bertahan di kesepakatan itu, jika negara lain mempertahankan komitmen mereka akan kesepakatan itu.[] Sindonews

Comments