Nasional

Andre Minta Ahok Dicopot dari Pertamina, Gerindra Tunggu Langkah Pemerintah

Foto: Sufmi Dasco Ahmad. (Rahel Narda/detikcom)

Jakarta, Mercinews.com – Anggota Komisi VI DPR F-Gerindra Andre Rosiade meminta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok dicopot dari jabatan Komisaris Utama karena dianggap membuka aib PT Pertamina (Persero).
Partai Gerindra menilai pernyataan Andre itu masih dalam koridor tugasnya sebagai anggota Dewan.

“Yang disampaikan oleh Saudara Andre Rosiade itu memang masih dalam koridor dia sebagai anggota legislatif, yang memang bermitra dengan Kementerian yang membawahi Pertamina,” kata elite Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/9/2020).

Di sisi lain, Dasco mengatakan kewenangan untuk memberhentikan Komut ada di pemerintah. Ia pun menyatakan akan menunggu langkah dari pemerintah terkait hal ini.

Baca juga:  Presiden Jokowi Akui Ahok Calon Pemimpin Ibu Kota Baru

“Namun apapun itu yang disampaikan itu adalah kewenangan dari pemerintah yang kemudian mengangkat Komisaris maupun jajaran Direksi dari BUMN untuk kemudian mengevaluasi atau kemudian memberhentikan,” ujar Dasco.

“Jadi saya rasa hal ini juga nggak perlu dibesar-besarkan. Tinggal bagaimana kita sama-sama nanti melihat bagaimana langkah pemerintah, terutama kita mesti konsentrasi pada bagaimana mengatasi pandemi COVID-19,” imbuh Wakil Ketua DPR itu.

Sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok membongkar soal direksi Pertamina yang punya hobi melobi menteri hingga direksi yang lebih suka berutang dan mendiamkan investor. Ahok mengatakan memiliki cara untuk mengatasi masalah ini, salah satunya lelang terbuka.

Selain membongkar hobi direksi yang suka melobi-lobi kementerian, Ahok mengungkap masalah lain, yakni manipulasi gaji. Ahok menyebut kerap menemui masalah terkait gaji, khususnya di jabatan direktur utama anak perusahaan.

Baca juga:  Ahok Pernah Bilang Merem Saja Pertamina Untung, Buktinya?

Pernyataan Ahok inilah yang membuat Andre Rosiade lantang meminta Presiden Jokowi mencopot Ahok. Andre menilai Ahok telah membuat Pertamina gaduh.

“Menurut saya sebagai anggota DPR Komisi VI, ya, yang mitra BUMN bahwa tidak gunanya Presiden mempertahankan Pak Basuki Tjahaja Purnama sebagai Komut Pertamina. Kenapa? Pertama, ya, yang bersangkutan selalu membikin gaduh,” kata Andre kepada wartawan, Selasa (15/9).

[]

Sumber: detikcom

Comments