Kesehatan

Aksi Donor Darah Rutin ASN Pemerintah Aceh Tahun 2021 Dimulai

Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Sekda Aceh, M. Jafar didampingi Kepala Biro Isra, Usamah dan Kepala Biro Humpro Setda Aceh, Muhammad Iswanto meninjau pelaksanaan donor darah rutin ASN Pemerintah Aceh, di Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, (18/1/2021).

Banda Aceh, Mercinews.com – Seratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak di Sekretariat Daerah Aceh melakukan donor darah, pada Senin (18/1/2021). Donor darah ini merupakan tahapan pertama di tahun 2021.

Dalam Aksi donor tersebut telah berhasil mengumpulkan sebanyak 176 kantong darah dan dijadwalkan akan berlanjut hingga esok hari.

Kegiatan itu, ditinjau langsung oleh Asisten I Pemerintah Aceh Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh, M Jafar, didampingi Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, Kepala Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat, Usamah, Kepala Biro Umum Akmil Husein, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Banda Aceh Qamaruzzaman Hagny serta pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Aceh.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, menyebutkan sejak dicanangkan aksi donor darah ASN pada Mai tahun lalu tersebut, sudah berhasil mengumpulkan sebanyak 6.556 kantong darah. Jumlah itu adalah hasil akumulasi dari seluruh tahapan donor darah ASN di tahun 2020

Ia merincikan, pada aksi donor darah tahun 2020 di tahapan I telah berhasil mengumpulkan sebanyak 2.236 kantong darah, tahap II sebanyak 2.135 kantong darah, tahap ke III sebanyak 1.269 kantong darah, dan ditahapan IV sebanyak 916 kantong darah.

Baca juga:  Video Demo Tolak Kedatangan Habib Rizieq ke Aceh Dibubarkan paksa

“Hari ini adalah donor darah rutin ASN pertama di tahun 2021, total darah yang terkumpul sebanyak 176 kantong untuk hari ini dan itu masih akan terus berlanjut hingga besok berdasarkan jadwal untuk Setda Aceh,” kata Iswanto.

Program donor darah ASN Pemerintah Aceh yang digagas oleh Gubernur Aceh itu telah ditetapkan sebagai agenda rutin, yang mana ASN di setiap Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) didorong untuk mendonorkan darahnya secara sukarela. Setiap SKPA akan mendapatkan jadwal secara bergilir sesuai dengan ketentuan waktu donor darah.

Hal itu dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dan Rumah Sakit di Banda Aceh dan Aceh Besar dalam memperoleh dan memenuhi kebutuhan darah.

“Saya harap ASN kita tetap semangat dalam memberikan yang terbaik untuk masyarakat kita, Insya Allah gerakan ini akan menjadi salah satu amal jariyah kita kelak, karena setetes darah kita kehidupan bagi orang lain,” kata Iswanto.

Baca juga:  Warga Aceh Tengah nyasar ke NTT, Dinas Sosial upayakan pemulangan

Maka itu, ia mengapresiasi para ASN yang secara sukarela mendukung aksi yang digagas oleh Gubernur Aceh itu. Ia berharap, aksi sosial ASN Pemerintah Aceh itu dapat terus berlanjut dan menjadi budaya yang baik di lingkungan Pemerintah Aceh.

Dalam kesempatan itu, Iswanto juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Aceh untuk ikut mendonorkan darah secara sukarela, karena kebutuhan darah di masa pandemi masih cukup tinggi.

Apresiasi JK

Sebelumnya, dalam kunjungan kerja Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, Jusuf Kalla, tahun lalu menyampaikan apresiasinya atas aksi donor darah rutin yang dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Aceh.

Ia mengatakan, hasil donor darah tersebut telah berhasil memenuhi 70 persen kebutuhan darah di Aceh dan itu sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan darah cukup tinggi tiap harinya.

Sebab, kata Mantan Wakil Presiden RI tersebut, cairan yang terbuat dari jaringan hidup yang mengalir dari pembuluh darah manusia tersebut tidak bisa tergantikan dengan cairan apapun di dunia ini.[]

Comments