Aceh

425 Orang Meninggal akibat Kecelakaan Dijalan Raya di Aceh, Bireuen Tertinggi

Ditlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani

Banda Aceh, Mercinews.com – Sebanyak 425 orang meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas di jalan raya sepanjang tahun 2020 di Provinsi Aceh.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani menyampaikan angka kecelakaan di Aceh terhitung Januari hingga September 2020 mencapai 2.412 kasus. Jika di bandingkan tahun 2019 telah terjadi penurunan kasus.

“Di tahun 2019 terdapat 4.051 kasus kecelakaan, telah terjadi penurunan. Begitu juga angka kematian ada penurunan sebesar 112 orang,” kata Dicky Sondani di sela-sela  peringatan Hari Ulang Tahun ke-65 Lalu Lintas di Mapolda Aceh, Selasa (22/9).

Ia menyebutkan titik kecelakaan yang paling tinggi berada di wilayah Timur, mulai dari Banda Aceh, Langsa dan Aceh Tamiang.

Baca juga:  KIP Aceh: TPS di Kabupaten Aceh Timur dan Aceh Utara Akan Gelar Pencoblosan Ulang

“Untuk titik kecelakaan yang paling tinggi berada di wilayah Bireun dan Lhoksemawe. Lokasi ini merupakan titik lelah pengemudi yang melakukan perjalanan, baik dari Banda Aceh ke Medan maupun sebaliknya,” ujar Dicky.

Selain itu, kata Dicky faktor penyebab kecelakaan di jalan raya juga disebabkan faktor kondisi jalan dan cuaca hujan.

“Banyak jalan yang berlubang, jalan licin akibat hujan sehingga mengakibatkan kecelakaan,” sebut Dicky.

Dicky juga menyebutkan korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas didominasi orang lanjut usia. Sedangkan pelaku umumnya usia remaja.

Baca juga:  Selain Poligami, Rancangan Qanun di Aceh Juga Atur Mahar Boleh Dicicil

“Korban kebanyakan berusia 50 hingga 70 tahun, sedangkan pelakunya ada yang dibawah umur. Rata-rata mereka berusia 15 hingga 30 tahun,” kata Dicky.

Pihaknya akan melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan agar tidak mengijinkan siswanya yang masih di bawa umur membawa sepeda motor ke sekolah.

“Ini terus berupaya meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya dengan melakukan sosialisasi. Orang tua juga mengambil peran penting dalam mengawasi anak-anaknya agar tidak kebut-kebutan di jalan raya,” ungkap Dicky Sondani.

Acara syukuran Peringatan Hari jadi ke 65 Lalu Lintas dipimpin Wakapolda Aceh, Brigjen Pol Raden Purwadi.

[]

Comments