Teknologi

Ketua PWI Aceh: Pemerintah Tak Perlu Takut dengan Wartawan

Mercinews.con, Pidie Jaya- Dengan berkembangnya teknologi masa kini dan juga peningkatan jumlah wartawan yang semakin meningkatnya membuat sebagian pejabat daerah menjadi resah dan terganggu.

“Kehadiran wartawan jangan sampai membuat bupati atau pejabat lainnya menjadi resah apalagi takut,” kata Ketua PWI Aceh Tarmilin Usman, pada pembukaan acara Pelatihan Jurnalistik yang diadakan oleh Balai PWI Aceh Jaya, di Hotel Pantai Barat Calang, Aceh Jaya, Kamis (18/1).

Karena kata Tarmilin, wartawan juga punya rambu-rambu yang tidak boleh dilangkahi dan ada batasnya serta punya kode etik jurnalistik dalam menulis. Justru pemerintah harus menjadi mitra dengan wartawan dalam rangka meningkatkan pembangunan daerah yang lebih baik lagi kedepan.

Namun, pemerintah juga tidak boleh anti kritik, yakinlah wartawan mengkritik pemerintah itu hanya semata-mata untuk membangun bukan untuk menyudutkan, dan selama kritikan itu untuk kebaikan dan perbaikan dimasa mendatang kenapa tidak.

“Mulai sekarang mari kita semua bersahabat dengan wartawan,” kata Tarmilin.

Selain itu, Tarmilin juga mengingatkan para wartawan di daerah jangan pernah menciptakan musuh, karena semua orang baik itu pejabat atau siapan itu mereka adalah sumber, sumber dalam menulis berita.

“Jadi sangatlah bodoh jika wartawan menciptakan musuh di wilayah kerjanya,” ujar Tarmilin.

Sementara itu, Bupati Aceh Jaya T. Irfan TB mengakui jika selama ini ada salah satu oknum wartawan di Aceh Jaya yang membuat pihaknya resah. Pasalnya, oknum tersebut sudah sangat sering menulis berita tanpa mengkonfirmasi kepihaknya atau pihak terkait, sehingga masyarakat selalu mengkonsumsi berita mentah.

“Harusnya dikonfirmasi dulu berita tersebut sehingga masyarakat tahu apa penyebab dan tangkapan atau klarifikasi dari pihak terkait,” ungkapnya.[]

Ke Atas