Politik

MK Kabulkan Gugatan Tiong-Kautsar Dua Pasal UUPA di Kembalikan

Mercinews.com,Jakarta – Mahkamah Konstitusi mengabulkan gugatan politikus Kautsar dan Samsul Bahri, Lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, dan dua komisioner Komisi Independen Pemilihan Aceh, Roby Syahputra dan Hendra Fauzi. Mereka mengajukan uji materiil Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Aturan ini menghapus dua pasal di Undang-Undang Pemerintah Aceh.

“Alhamdulillah gugatannya menang, ini adalah kemenangan rakyat Aceh,” kata Kamaruddin, kuasa hukum Kautsar-Tiong, Kamis, 11 Januari 2018.

Dalam sidang putusan yang digelar MK pada Kamis Siang, Mahkamah mengatakan dua pasal di UU Pemilu, yaitu 557 dan 571, tidak berlaku atau tidak memiliki kekuatan hukum. Artinya, pasal dalam Undang-Undang Pemerintah Aceh yang dicabut, pasal 57 dan pasal 60 tetap berlaku. Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu harus menyesuaikan aturan baru nanti dengan UUPA.

Dengan kemenangan ini, Kamaruddin berharap semua pihak di Aceh mengawal dan menjaga keutuhan UUPA. “Ini penting demi untuk menjaga keberlangsungan perdamaian Aceh, guna menyejahterakan masyarakat Aceh,” kata Kamaruddin.

Gugatan itu dilayangkan karena dua pasal UU Pemilu, yaitu pasal 557 dan 571, yang telah disahkan DPR RI beberapa waktu lalu telah mencabut dua Pasal di dalam UUPA, yaitu pasal 57 tentang Komisi Independen Pemilihan dan pasal 60 tentang Panitia Pengawas Pemilihan di UUPA.[]

Berikan Komentar
Ke Atas