Politik

Dua Pasal UUPA Dikembalikan MK, Jubir Lintas Fraksi DPRA: Terimakasih Bangsa Aceh

Mercinews.com, Jakarta, – Juru Bicara Lintas Fraksi DPR Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky, mengatakan pengembalian dua pasal UUPA yang sebelumnya sempat dipreteli DPR RI melalui putusan hakim MK hari ini merupakan hasil perjuangan bersama.

“Terimakasih bangsa Aceh. Ini merupakan kemenangan bersama,” ujar Iskandar.

“Terimakasih kepada seluruh fraksi di DPR Aceh dan semua komponen yang telah membantu selama ini. Ini juga berkat doa dari seluruh masyarakat Aceh,” kata Iskandar yang hadir langsung di ruang sidang MK.

Menurut Iskandar, putusan hakim MK tak terlepas dari kuatnya dukungan berbagai komponen di Aceh selama ini.

“Semoga persatuan ini terus terjaga kedepan. Perjuangan yang panjang kita tanam bersama dan buahnya pun harus dijaga bersama. Doakan juga kami pulang dengan selamat ke Aceh,” ujarnya lagi.

Sebelumnya diberitakan, Majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan yang dilayangkan oleh DPR Aceh, Kamis 11 Januari 2018.

Berdasarkan informasi yang diperoleh mediaaceh.co, sidang perkara nomor 66/PUU-XV/2017 ini dimulai pukul 14.10 WIB.

Adapun putusannya sebagai berikut:

1. Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian.
2. Menyatakan pasal 571 huruf d Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum (lembaran negaran republik indonesia tahun 2017 nomor 182, tambahan lembaran negara republik Indonesiaa nomor 6109) bertentangan dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat.

3. Menyatakan permohonan pemohon sepanjang berkenaan dengan pasal 557 UU  Nomor 7 tahun 2017 tidak dapat diterima.

4. Memerintahkan memuatan putusan ini dalam berita Negara Republik Indonesia sebagaimana mestinya.

Sidang ini dipimpin oleh Arif Hidayat dan 8 hakim lainnya.

Sebagaimana yang diketahui pasal 571 huruf d UU Pemilu berbunyi,” Pasal 57 dan 60 ayat 1, 2, serta ayat 4 UUPA dicabut dan tidak berlaku lagi. 

Dengan putusan ini berarti kewenangan Aceh sebagaimana yang tercantum dalam pasal 57 dan 60 ayat 1,2 serta ayat kembali berlaku.[] mediaaceh.co

Berikan Komentar
Ke Atas